Kampung Media Buka Ekowisata


KM. Sukamulia – Di tengah Situasi Tanggap Darurat Gempa Lombok yang menyebabkan merosotnya aspek kepariwisataan NTB, warga Kampung Media membuka objek wisata baru yang dinamakan Ekowisata Kampung Media. Merupakan objek wisata alam yang dibuat dan dipelopori oleh warga Kampung Media Sukamulia (KM Sukamulia) dengan jargon utamanya Taman Bela Negara yang berlokasi di Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur.

Ekowisata Kampung Media merupakan Taman Bunga yang
dibuat di tanah perkebunan milik pengelola KM. Sukamulia dengan ukuran luas 6 are. Taman ini berisi 82 jenis bunga yang terdiri dari Jenis Tanaman Hias Bunga, Tanaman Hias Daun dan Tanaman Hias Obat-Obatan.

Di dalam taman ini dibuat berbagai spot poto kalimat-kalimat ajakan untuk membangkitkan Jiwa Nasionalisme setiap pengunjung, seperti kalimat; Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat, Jiwa Juang 45, Siapa kita ? Indonesia, Idiologi Kita ? Pancasila, Kewajiban Kita ? Bela
Negara, Bhineka Tunggal Ika, NKRI Harga Mati, Ayo Bela Negara, Aku Cinta Indonesia, Bebaskan Indoensia dari Narkoba, Stop Narkoba dan kalimat-kalimat ajakan lainnya.

Destinasi yang dikembangkan di Ekowisata Kampung Media bukan hanya hamparan bunga dan kalimat ajakan saja, namun di Ekowisata Kampung Media juga dibuat ayunan, Spot Cium Bendera, spot poto Kul-Kul Gempa, Monumen Gempa Lombok (Makam Gempa Lombok), beberapa tempat duduk yang dipasang sedemikian rupa, Hamock dan Camp Area.


Ekowisata Kampung Media mulai digarap oleh Pengelola KM. Sukamulia beserta warga ASA Community pada tanggal 06 Juni 2018. Proses penggarapan objek wisata ini memakan waktu sekitar 2 bulan. Selama proses penggarapannya, inisiator Ekowisata ini banyak mendapatkan inspirasi dan masukan dari Bapak Kepala Kampung Media NTB (Fairuz Abadi). Atas berkat rahmat Yang Maha Kuasa maka pada hari Jum’at, 17 Agustus 2018 warga KM. Sukamulia dan ASA Community dapat membuka/meloncing Ekowisata Kampung Media sebagai persembahan di HUT RI Ke-73 dan sebagai hadiah bagi Kampung Media NTB yang selama ini telah banyak memberikan inspirasi kepada warga NTB.


Ekowisata Kampung Media dengan Taman Bela Negara-nya diloncing seusai pelaksanaan Upaacara Bendera Peringatan HUT RI Ke-73 yang dilaksanakan oleh warga KM. Sukamulia dan ASA Community di Camp Area Ekowisata Kampung Media. Dengan demikian, sejak Jum’at tanggal 17 Agustus 2018, Ekowisata Kampung Media dibuka untuk umum dengan tiket masuk Mencium Bendera Merah Putih yang dipasang di Spot Cium Bendera.

Oya, jika anda ingin berkunjung ke Ekowisata Kampung Media, lokasinya berada di dekat Pantai Pondok Kerakat
Sukamulia. Di ujung aspan depan gerbang Pantai Pondok Kerakat Sukamulia anda akan menemukan pertigaan jalan, di sana anda tinggal belok kiri. Untuk samapia di lokasi objek wisata tersebut, anda hanya berjalan sekitar 150 meter dari ujung aspal tersebut.

Warga dan Pencinta Kampung Media yang kami banggakan, semoga Ekowisata Kampung Media ini bisa menjadi salah satu objek wisata yang dapat memperkaya khazanah wisata Lombok. Semoga pula Ekowisata ini dapat menjadi bagian dari kekayaan inspirasi Kampung Media NTB. Terimakasih atas kunjungannya dan Salam dari Kampung.

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru