Pesona Perkebunan Kelapa Korleko

Rimbunan pohon kelapa tumbuh subur di kawasan perkebunan Korleko, Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur. Hal ini tentu menjadi suatu gambaran hidup kalau warga penduduk sekitarnya rata-rata mengandalkan lahan perkebunan itu sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Namun dari perspektif keindahan, deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi pada tiap areal perkebunan mempersembahkan suatu keharmonisasian hidup dalam bentuk kesejukan dan sketsa panorama yang bernilai pesona.


Lahan perkebunan kelapa Korleko adalah milik rakyat yang letaknya berada di tepi pantai dan sekitarnya. Tekstur tanah pada lahan perkebunan ini memilki jenis tanah yang berpasir, bahkan batu-batu apung dan arang banyak ditemukan dikawasan perkebunan ini. Olehnya itu, tidak mengherankan jikalau pohon kelapa yang ada di kawasan ini selalu menunjukkan hasil yang sangat memadai pada penduduk di sekitarnya.

Pengakuan masyarakat setempat, keberadaan deretan pohon kelapa yang mengikuti garis pantai dan sekitarnya telah ada semenjak masyarakat korleko mengenal peradaban. Dari generasi ke generasi selanjutnya, sistem pewarisan tanah seperti kebun kelapa menjadi salah satu bagian dari berkehidupan sehingga masyarakat korleko dapat mengelolahnya dengan baik dan menjadi salah satu asset besar untuk bertahan hidup.


Dalam pengembangannya, bila kita melintas di sebuah jalan pintas yang menghubungkan antara jalan utama Kecamatan Pringgabaya dengan Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur, deretan pohon kelapa pada sudut-sudut areal perkebunan nampak indah dan teduh. Ketika musim panen telah tiba, kita pun dapat menjumpai atraksi petani kebun kelapa yang sibuk mengumpulkan buah kelapa yang sudah tua. Bila kita masuk pada  areal kebun itu dan menjelajahinya lebih jauh, atraksi manjat kelapa tanpa menggunakan peralatan dengan ketinggian sekitar 25 meter dapat dijumpai. Selain itu, sebagian petani kebun kelapa sibuk memisahkan biji kelapa dari serabutnya. Namun tatkala mereka merasa haus, merekapun tinggal memilih pohon kelapa yang masih menyimpan buah muda, lalu dipanjatnya.

Hal diatas tentu merupakan gambaran tentang aktifitas sosial yang dapat menjadi suatu penambahan wawasan bagi kita, khususnya menyangkut proses kehidupan pada kelompok sosial tertentu yang mengharuskan dirinya untuk memacu fisik dan ketekunan demi untuk bertahan hidup.


Melihat sisi keindahan perekebunan kelapa Korleko yang sungguh mempesona, sewajarnya jalan pintas yang membelah di tengah kawasan perkebunan kelapa korleko ramai dilewati atau dikunjungi oleh  orang-orang. Terlebih pada waktu sore, kawasan ini banyak dikunjungi oleh kalangan anak muda untuk jalan-jalan sore. Sebagian mereka hanya menikmati kesejukan kawasan yang teduh ini, namun sebagian yang menyempatkan diri untuk mengambil spot pada areal kebun kelapa atau berjalan lebih jauh menuju ke tepi pantai sambil berselvi-ria.

Inilah gambaran singkat tentang pesona indah perkebunan kelapa Korleko yang dalam keberadaannya menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar, namun memiliki nilai keindahan yang dapat memanjakan mata serta menentramkan jiwa bagi pengendara yang lewat. Namun kini menjadi spot bagi kalangan anak muda untuk berselvi-ria, atau jalan-jalan sore.  () -05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru