Datang dan Ikuti Prosesi Maulid Adat Bayan 2016


KM. Sukamulia - Bayan merupakan salah satu Komunitas Adat yang masih melaksanakan segala bentuk Ritual yang diwariskan oleh para leluhur Mereka, salah satunya adalah Ritual Maulid Adat. Pada tahun 2016 ini Maulid Adat akan dilaksanakan pada tanggal 14-15 Desember 2016. Lokasi pelaksanaan prosesi Maulid Adat Bayan adalah di Desa Karang Bajo Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara dan puncak acaranya dilaksanakan di Masjid Kuno Bayan yang berlokasi di Dusun Bayan Beleq Desa Bayan Kecamatan Bayan.

Mulud Adat Bayan merupakan ritual perayaan yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk penghormatan masyarakat adat terhadap hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dalam pelaksanaannya, prosesi Maulid Adat dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama adalah persiapan yang dalam bahasa setempat disebut Kayu Aiq dan hari kedua adalah pelaksanaan acara puncak yang dalam bahasa setempat disebut Gawe.

Terkait dengan hal itu, pada pelaksanaan Maulid Adat tahun 2016 ini, hari pertama (Kayu Aiq) dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Desember 2016 dan acara puncak (Gawe) dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Desember 2016.

Pada hari pertama (Kayu Aiq) masyarakat adat berbondong-bondong menuju Kapu Karang Bajo. Mereka membawa bahan makanan berupa padi, kelapa, ketan, buah-buahan, dan hewan sembelohan, sepeeti kerbau, kambing dan ayam. Sejak pagi hari dihari pertama, masyarak Desa Karang Bajo, Desa Bayan, Desa Anyar dan sekitarnya berkumpul di Kampu Karang Bajo.

Pada hari Kayu Aiq, terdapat beberpa prosesi yang dilaksanakan sebagai persiapan acara puncak Maulid Adat,  yaitu; 1) Membuat Balen Unggun, 2) Bisok Rantok, 3) Ngalu Gerantung, 4) Menutu, 5) Tunggul, 6) Penjemputan Gong, 7) Buang Unggun, 8. Ngengelat, 9) Pemasangan Umbul-Umbul, dan 10) Perisean. Umumnya acara persiapan ini dilaksanakan secara terpusat di Kampung Adat Karang Bajo Desa Karang Bajo.

Pada hari kedua dilaksanakan acara puncak prosesi Maulid Adat Bayan (Gawe) yang terdiri dari beberapa kegiatan, yakni; 1) Menyembelih Ternak, 2) Bisok Menik, 3) Pengaluan Payung Agung, 4) Ancak, 5)  Mengagek, 6) Praja Mulud, 7) Bisok Berugak Agung, 8) Majang, 9) Memblonyo, 10) Meriap dan 11) Melusut. 

Perlu diketahui bahwa pada hari yang bersamaan prosesi Maulid Adat dilaksanakan hampir di seluruh wilayah Kecamatan Bayan. Di wilayah Kecamatan Bayan Sendiri terdapat empat titik atau empat lokasi pelaksanaan Maulid Adat, yakni di Bayan Beleq dan Kampung Adat Karang Bajo, Desa Anyar, Dusun Barung Biraq Desa Sambik Elen Kecamatan Bayan dan Dusun Semokan Ruak Desa Sukadana Kecamatan Bayan.

Dari keempat lokasi pelaksanaan Maulid Adat itu, prosesi yang paling lengkap dilaksanakan oleh masyarakat Adat Bayan yang merayakan Maulid Adat di Kampu Karang Bajo dan Masjid Kuno Bayan Beleq. Selanjutnya, perayaan Maulid Adat di Dusun Barung Birak Desa Sambik Elen dipusatkan di Masjid Kuno Barung Birak dan masyarakat yang berkumpul untuk melaksanakan prosesi Maulid Adat di tempat itu adalah masyarakat sekitaran Desa Loloan dan Desa Sambik Elen.

Bagi masyarakat Desa Anyar Kecamatan Bayan, perayaan Maulid Adat dilaksanakan di pusat Desa Anyar. Sedangkan bagi masyarakat Adat Desa Sukadana, Masyarakat Adat Desa Akar-Akar dan Amor-Amor melaksanakan prosesi Maulid Adat di Masjid Kuno Dusun Semokan Ruak Desa Sukadana Kecamatan Bayan.

Dari keempat tempat pelaksanaan Maulid Adat tersebut, pelaksanaan Maulid Adat Masyarakat Adat Desa Bayan dan Desa Karang Bajo adalah perayaan yang paling dikenal oleh khalayak ramai sebab prosesi Maulid Adat Bayan yang dipusatkan di Kampu Karang Bajo dan Masjid Kuno Bayan ini merupakan prosesi yang paling lengkap dan besar jika dibandingkan dengan prosesi yang dilaksanakan di tempat lainnya.

Berhubung acara ini dilaksanakan setahun sekali maka sangatlah rugi kiranya jika anda melewatkan pelaksanaan acara adat yang begitu unik ini. Maulid Adat juga merupakan salah satu wisata religi andalan masyarakat adat Bayan. Untuk itu hadiri dan ikutilah prosesi Maulid Adat Bayan Tahun 2016 yang akan berlangsung besok hingga luasa. Anda tidak akan menemukan prosesi adat semacam ini di daerah pualu Lombok lainnya, apalagi di daerah-daerah lain yang ada di seputaran Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sekali lagi, hadir dan ikutilah even tahunan masyarakat adat Bayan ini sebab sangat rugi rasanya jika anda tidak dapat menyaksikan salah satu khazanah budaya nusantara yang teramat sangat langka ini. Warga dan pencinta Kampung Media NTB yang kami banggakan, demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan melalui artikel kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika ada salah-salah kata, terimakasih atas segala perhatian dan kunjungan anda dan salam dari kampunh.

_By. Asri The Gila_ () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru