Pulau Bungin, Destinasi Wisata

Pulau Bungin merupakan salah satu desa unik yang terletak di Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Keunikan desa tersebut sehingga menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi wisatawan.

Apa yang unik dan menarik dari pulau ini? Daya tarik yang disuguhkan pada wisatawan yaitu dapat menyaksikan langsung kehidupan masyarakat suku Bajo di Pulau Bungin. Aktivitas masyarakat dengan rumah-rumah panggung tradisionalnya tentu meruapakan hal yang unik dan memilki daya tarik tersendiri. Wisatawan dapat menyusuri Pulau Bungin sambil melihat kehidupan masyarakatnya. Kesahajaan dan keramahan masyarakat Bungin akan langsung menyambut para wisatawan.

Hal yang paling menarik di pulau yang penduduknya padat dengan luas 8,5 hektar ini adalah kambing pemakan kertas. Ini bukan mitos atau hanya sekadar cerita rekaan. Kambing di pulau ini memang kerap memakan kertas sebagai pengganti rumput, mengingat di pulau kecil ini tidak terdapat rumput yang bisa dokomsumsi oleh kambing-kambing.

Mungkin anda tidak percaya,, silahkan datang saja ke Bungin dan lihat dari dekat kambing-kambing pemakan kertas. Wisatawan yang datang juga akan menghampiri kambing-kambing yang banyak dipelihara masyarakat di Bungin dan menyodorinya selembar kertas. Kambing akan langsung menangkap dan melahapnya. Coba saja untuk menyodorkan selembar uang kertas, pasti akan tandas juga dilahapnya.


Untuk menemukan Pulau Bungin bisa melewati dua jalur; jalur darat dan laut. Pada tahun 2002 lalu, atas swasembada masyarakat Bungin telah membangun jalanan darat yang menghubungkan dartan Alas Kota dengan pulau ini. Olehnya sekarang anda bias menggunakan kendaraan pribadi menuju ke Pulau Bungin.

JIka anda atau wisatawan ingin mengunjungi Bungin dengan menggunakan jalur laut, di pelabuhan Alas, wisatawan bisa menyewa perahu motor yang akan membawa ke Pulau Bungin. Jarak dari pelabuhan Alas-Bungin dapat ditempuh sekitar 15 menit.


Mata pencaharian utama masyarakat Bungin adalah sebagai nelayan. Aktifitas nelayan ke laut biasanya berangkat pada jam 6 sore dan akan kembali ke rumah masing-masing pada pukul 9 malam, itupun jika hasil tangkapan telah banyak. Akan tetapi terkadang satu malam penuh kalu belum banyak ikan yang ditangkap. Hasiltangkapannya itulah yang akan dijual guna menghidupi keluarganya.

Setelah Pulau Bungin dihubungkan oleh jalan darat dengan Alas Kota, masyarakat pun mangalami perkembangan dalam pendidikan. Di pulau ini sudah terdapat beberapa sekolah yaitu; satu PAUD, satu TK, dua SD, dan satu SMP. Untuk jenjang SLTA, anak-anak Bungin akan melanjutkan SMA ke Kecamatan Alas atau daerah lain.

Sarana lain yang ada di Bungin juga sudah mengalami perubahan sejak tahun 2000. Selain lapangan sepak bola, Masjid yang sudah diperbaharui, air bersih atu air minum dan listrik sudah dirasakan dengan baik oleh pensusuk setempat.

Masjid yang ada di pulau ini tidak cukup menampung jamaah pada hari-hari besar keagamaan atau untuk ritual ibadah lainnya. Karena penduduk Bungin adalah semua beragama Islam dan jumlah penduduknya terlalu banyak. Namun masyarakat akan berusaha merenovasi masjid tersebut supaya lebih besar dan bertingkat agar dapat menampung semua jamaah yang ada.

Masyarakat di Pulau Bungin tidak menggunakan bahasa Samawa sebagaimana masyarakat di kecamatan lainnya di Kabupaten Sumbawa. Masyarakat disini menggunakan bahasa Bajo yang jauh berbeda dengan bahasa Samawa. Namun sebagian besar masyarakatnya juga mengerti bahasa Samawa.

Mantan Kepala Desa Bungin, Sofyan mengatakan sekitar tahun 2002, luas Pulau Bungin sebesar 6,5 hektar dengan jumlah penduduk 2.700 jiwa. Setelah dilakukan pengukuran ulang pada tahun 2007, luasnya bertambah menjadi 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.126 jiwa. Sofyan menyebutkan masyarakat Bungin juga banyak yang merantau ke luar daerah seperti Irian Jaya atau Papua, Bali, Maluku, dan Belitung. Suasana di Pulau Bungin akan bertambah ramai pada saat lebaran karena para perantau selalu pulang merayakan lebaran di Bungin.  () -01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru