Sensasi Wisata Lembah Sembalun

KM. Sukamulia – Sembalun merupakan salah satu tujuan wisata yang paling asik dan menyenangkan. Di Sembalun kita dapat menikmati suasana alam yang begitu indah, kita juga dapat menikmati udara yang sejuk dan seteril dari polusi. Pokok-nya berwisata di sekitar Lembah Sembalun memberikan suasana yang berbeda dari wista di tempat-tempat lainnya sebab Wisata Lembah Sembalun merupakan situs Wisata Geopark Rinjani yang penuh dengan sensasi. Berwisata di Lembah Sembalun memberikan sensasi yang berbeda bagi para pengunjungnya. Wisata Lembah Sembalun dapat dinikmati mulai dari Pusuk Sembalun, dari sana pengunjung dapat menyaksikan hamparan petakan lahan pertanian dan gugusan Pegunungan Rinjani yang sangat indah dan menawan sukma.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai Wisata Lembah Sembalun ini, terdapat papan plang yang mendeskripsikan mengani lokasi tersebut. Pada papan plang tersebut dijelaskan bahwa Lembah Sembalun merupakan sisa gunung api tua yang sudah mengalami proses perubahan, seperti erosi, pelapukan, dan pengelupasan. Proses perubahan ini membentuk relief yang kasar dan terjal dengan ketinggian antara 550-2250 m di atas permukaan laut. Gunung ini mempunyai sebuah kalderaberukuran luas lebih dari 1 km2 yang diperkirakan merupakan ahir dari proses penghancuran. Dijelaskan juga bahwa dinding lembah Sembalun mengitari desa Sembalun Bumbung dengan bentuk tapal kuda yang puncaknya terdiri dari Gunung Telaga, Gunung Pusuk, Gunung Tanakibang, Gunung Nangi dan Gunung Banjer yang membuka ke utara dan Desa Sembalun Lawang Sebagai dasarnya.

Wisata Lembah Sembalun yang paling paporit dikunjungi oleh muda-mudi dan para adventur adalah Pusuk Sembalun sebab Pusuk Sembalun adalah salah satu wisata alam yang sangat tepat untuk menghilangkan pengap dan memanjakan syaraf-syaraf mata yang kejang akibat banyak pekerjaan. Setiap harinya pasti ada wisatawan local ataupun wisatawan manca negara yang berkunjung dan menikmati indahnya pemandangan di tempat ini. Dari Pusuk Sembalun pengunjung dapat menyaksikan keindahan Lembah Gunung Rinjani dan indahnya petakan lahan pertanian serta pemukiman masyarakat Sembalun. Di Pusuk Sembalun, pengunjung juga dapat menikmati segar-nya udara pegunungan sambil menikmati secangkir kopi hangat yang dihidangkan oleh pedagang yang berada di sekitar areal wisata ini. Pengunjung juga bisa menikmati wisata sambil bermain-main dengan hewan khas setempat (monyet dan lutung).

Oya,,, berwisata di Lembah Sembalun bukan hanya menyajikan suasana alam yang indah, namun pengunjung juga dapat menikmati paket wisata lainnya. Pengunjung dapat memulai ekpedisi untuk menjelajahi dan menjajaki keindahan Lembah Sembalun dari Pusuk Sembalun menuju ke arah selatan. Beberapa kilo meter ke arah selatan dari Pusuk Sembalun terdapat Taman Bunga yang dipenuhi oleh berbagai spesiae bunga yang indah dan semerbak. Mulai dari Taman Bunga hingga sebelah utara Rumah Adat Sembalun Bumbung terdapat lahan perkebunan straubery, di sepanjang jalan menuju Sembalun terdapat pedagang yang menjajakan straubery dan berbagi jenis sayuran khas Sembalun (Bawang Putih, Kentang, Wortel, dll). Pengunjung juga bisa memetik Straubery sendiri di perkebunan warga yang menyediakan straubery petik sendiri.

Tidak jauh dari perkebunan straubery, pengunjung juga dapat berwisata di Rumah Adat Sembalun yang merupakan salah satu situs wisata Sejarah dan Budaya. Bukan hanya itu, banyak lagi paket wisata alam dan wisata sejarah budaya lain yang dapat dinikmati pengunjung di sekitar Lembah Sembalun. Wisata Lembah Sembalun sangat kaya akan Situs Wisata Geopark. Jika anda melanjutkan perjalanan ke arah selatan maka anda akan samapi ke Green House dan Pusat Tracking Rinjani/Rincani Treaking Center yang berada di Desa Sembalun Lawang dan jalur pendakian Gunung Rinjani yang berada di Dusun Bawak Nao Desa Sajang. Di Desa Sajang juga terdapat Air Terjun Mangku Sakti yang sangat menawan dan banyak lagi tempat wisata lain yang tersedia di sekitar Lembah Sembalun.

Sepanjang jalan menyusuri Lembah Sembalun, pengunjuk dapat menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang terhampar di seluruh wilayah sembalun. Selain menikmati wisata alam, pengunjung juga dapat mengambil gambar-gambar yang cantik. Bagi anda yang bergelut dengan dunia photografi, anda dapat menghabiskan waktu anda untuk mengambil gambar-gambar alam yang sensasional. Oya,,, jika anda berkunjung ke Lembah Sembalun maka jangan lupa membawa camera untuk mengabadikan momen wisata anda di tempat tersebut. Intinya, berwisata di Lembah Sembalum akan memberikan anda pengalaman dan sensasi wisata yang sungguh istimewa dan sangat berbeda dengan pengalaman wisata yang anda dapatkan di tempat lainnya. [] - 05

_By. Asri The Gila_

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru