Berpetualang ke Air Terjun Kanduru

Terletak di Desa Tradisional Teta Kecamatan Lambitu, Kabupaten Bima, Air Kanduru menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan. Untuk mencapai tempat ini Anda harus naik kendaraan melewati areal hutan Lambitu dengan kondisi jalan yang bervariasi mulai dari aspal bagus hingga jalan makadam. Memasuki Desa Kuta, tanaman sawah dan pepohonan hijau memanjakan mata anda.
Sesampainya di areal Desa Teta, terdapat dua pilihan jalan untuk mencapai air terjun. Pilihan pertama yakni menyusuri jalan setapak dengan pemandangan sawah nan hijau di temani sungai, sedangkan pilihan kedua adalah naik mengikuti jalan setapak pegunungan.

Perjalanan menuju Air Terjun Kanduru pun dimulai saat mentari belum naik tinggi. Pagi itu Sungai Teta terlihat begitu hijau dan tenang, menyatu dengan keheningan tebing-tebing gunung Lambitu yang berdiri dengan gagah di kanan kiri sungai. Suara kicauan burung-burung melawan arus sungai menyibak keheningan pagi. Sembari mengatur perbekalan dan peralatan, seorang pemandu menceritakan asal muasal nama Air Terjun Kanduru. Berdasarkan cerita yang dipercayai masyarakat, air terjun tersebut merupakan tempat peristirahatan para pemburu rusa.

Tak berapa lama menaiki gunung, suara gemuruh mulai terdengar. Air terjun Kanduru menanti di depan mata. Bebatuan yang indah di bawah air terjun membentuk mirip tepian kolam renang mewah, memanggil siapa saja untuk bermain di dalam air.(FN)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru