Wartawan dan Humas Stuban Ke NTB

Pekanbaru, RZ – Puluhan wartawan yang difasilitasi Biro Humas Sekdaprov Riau menggelar study banding (Stuban) ke Nusa Tenggara Barat (NTB), dinegeri yang terkenal dengan potensi wisata laut dan mutiara itu, awak media dan staf kehumasan belajar bagaimana mendorong potensi daerah untuk menggesa pembangunan, Jum’at (13/12).

Dalam presentase yang digelar bersama Pemprov NTB dan insan pers lokal, terkuak berbagai strategi Pemda yang mampu bersinergi dengan media guna mensosialisasikan potensi daerah sekaligus meredam semua dampak negatif yang berpotensi merusak citra daerah.

Hadir dalam kegiatan itu Gubernur NTB Zainul Madjidi yang diwakili oleh Asisten II L. Gita Ariadi didampingi Kabag Humas Tri Budiprayitno, dan Kadis Pariwisata Moh. Nasir, sementara Pemprov Riau diwakili Asisten I Sekdaprov Riau Abdul Latief didampingi Kabiro Humas Fahmizal.

Dalam pemaparan Ass II Sekda NTB, kedepan NTB menargetkan akan menjadi Next Time Bether than Bali. Artinya paradigma lama yang dulunya nasib Lombok tergantung Bali, kini dirobah Lombok lebih baik dari pada Bali. “Orang bisa melihat Bali di Lombok tapi tidak bisa melihat Lombok di Bali,” ujar Kabag Humas Provinsi yang memiliki 278 Pulau kecil dan dua Pulau terkenal Sumbawa dan Lombok.

Hasil dari sinergitas program Pemda dan media menuai hasil positif dimana diantara pulau kecil (Gili) di Sumbawa pernah dikunjungi artis Holywod dan Ratu Inggris, Lady Diana dan Mick Jagger.

Dari hasil Stuban tersebut yang menarik dimana Pemda mampu memanfaatkan potensi wisata tanpa berbenturan dengan akidah islam yang daerah yang 90 persen masyarakatnya menganut agama Islam.

Apa rahasianya..?. Dikatakan Ass II Sekdaprov NTB, pihaknya berhasil memberikan penyadaran melalui Forum yang terdiri dari para tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam memberikan penyadaran terkait pariwisata daerah.

“Sehingga masyarakat tidak membencinya tapi mampu memfilter. Dan tokoh agama menyampaikannya melalui Khutbah Jum’at,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan Kabag Humas Tri Budi, dulunya sempat dikawatirkan oleh Gubernur Zainul Mudjidi (Tuan Guru) yang merupakan salah satu keturunan Kyai. Tapi kenyataannya tidak terjadi gejolak. Dan semua tidak terlepas dari peran pers yang terus memberikan citra positif kepada NTB.

Salah satu media yang cukup berperan mempromosikan NTB, yakni Kampung Media.com, melalui situs berita online tersebut NTB dikenal hingga ke Mancanegara. “Kami sempat diundang ke Australia untuk memaparkan NTB,” ujar Ketua Kampung Media Blogers, Fairus.

Dalam situs Kampung Media, Fairus mempromosikan NTB dengan melibatkan puluhan Blogers yang bebas melakukan testimoni di Kampung Media tentang NTB yang berada di tiga segitiga emas wisata Nasional, diapit Bali dan Pulau Komodo.

“Kini lebih dari 1 jura kunjungan pertahun, dimana 60 persen dari luar negeri dan 40 persen wisatawan dari dalam negeri, taget kita terlampaui” jelas Kabag Humas.

Lebih jauh dikatakan Asisten II Sekdaprov NTB, salah satu usaha penunjang perkembangan NTB dengan cara. Menggelar berbagai kegiatan Nasional dengan NTB menjadi tuan rumah. “NTB mulai menjadi lokasi rapat kerja nasional dan pertemuan nasional lainnya. Tentu saja ditunjang fasilitas hotel, maskapai penerbangan yang siap melayani,” ujar L. Gita dimana NTB pernah menggelar Hari Nusantara dan Hari Koperasi.

“ini limpahan rejeki yang diyakini membawa berkah bagi NTB, masyarakat, pengelola Taxi, Penginapan dan lainnya,”papar L. Gita.

Sekedar informasi, Pemerintah NTB selain sukses memanfaatkan potensi wisata juga sukses melaksanakan program bumi sejuta sapi dimana Sumbawa sebagai Basenya. Selain itu perikanan, pertanian dan peternakan. NTB juga sukses keluar dari pailit pangan menjadi salah satu daerah penopang hasil pangan nasional.

Menyikapi hasil pertemuan tersebut Asisten I Sekdaprov Riau berjanji akan mencoba mengimplementasikan berbagai masukan positif yang didapat dari pertemuan tersebut, sehingga apa yang diharapkan menjadikan Riau yang cemerlang terbilang dan gemilang dapat terlaksana. (RZ01) - sumber; http://www.riauzona.com/?p=4491

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru