logoblog

Cari

Wisata Berkuda Batujai

Wisata Berkuda Batujai

Pengembangan kawasan wisata sangat berarti jika terbantu dengan suatu keunikan tertentu. Keunikan tersebut dapat dieksploitasi dari alam dan atau melibatkan kreatifitas

Wisata Jalan Jalan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
03 Desember, 2019 17:20:47
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 2329 Kali

Pengembangan kawasan wisata sangat berarti jika terbantu dengan suatu keunikan tertentu. Keunikan tersebut dapat dieksploitasi dari alam dan atau melibatkan kreatifitas sosial dari warga setempat atau pihak pengelola. Bendungan Batujai merupakan bendungan terbesar di Lombok Tengah yang semenjak dulu menjadi kawasan wisata air. Dalam pengembangannya, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) mengembangkan daya kreatifitas sosial mereka dengan menghadirkan sejumlah hewan yang berupa kuda, dan dilibatkan sebagai pendukung daya tarik wisata. Dalam hal ini, kehadiran dari sejumlah kuda tersebut menjadi alat transportasi bagi wisatawan untuk berwisata keliling di Kawasan Taman Bendungan Batujai.

Upaya kreatifitas kelompok pemuda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Merwegati Dusun Ketangge Daye, Desa Batujai, Kabupaten Lombok Tengah, kini mendapat respon baik dari warga sekitar dan wisatawan. Terbukti dengan banyaknya pengunjung atau wisatawan yang silih berganti datang untuk menikmati sensasi naik kuda dengan berkeliling di Kawasan Taman Bendungan Batujai yang terletak di Pusat Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Angga (23 th) adalah salah seorang anggota kelompok pemuda penggerak wisata di Bendungan Batujai mengatakan, “ Setelah kehadiran sejumlah kuda ini di kawasan wisata Bendungan Batujai dimana jumlah pengunjung atau wisatawan mengalami perubahan. Apalagi pada waktu sore atau hari libur, silih-berganti wisatawan menunggangi kuda yang ada di sini,” ujarnya saat ditemui di sebuah “Gazebo” yang terletak di Taman Bendungan Batujai.