logoblog

Cari

Budaya Kaki Rinjani

Budaya Kaki Rinjani

Budaya Kaki Rinjani merupakan wisata budaya yang ada di Bayan, Lombok Utara. Berada dinatara Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dan Laut

Wisata Jalan Jalan

SAB & MAPAN
Oleh SAB & MAPAN
27 Agustus, 2019 18:02:05
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 459 Kali

Budaya Kaki Rinjani merupakan wisata budaya yang ada di Bayan, Lombok Utara. Berada dinatara Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dan Laut Jawa (Pelabuhan Carik).

Menawarkan bebagai paket wisata budaya seperti seni tradisional sepri Tari Gegerok Tandak, Cupak Gurantang, Joget Lawas, Cungklik, Genggong, Gendang Beleq, Mendewa, Tradisi Menenun. Wisata liannya terdapat beberapa situs dan cagar budaya seperti Masjid Kuno Bayan, Masjid Kuno Barung Birak, Masjid Kuno Semokan, Masjid Kuno Sembageq, Masjid Kuno Desa Beleq (Gumantar), Patung Batu Bon Gontor, Hutan dan Sawah Adat bangket Bayan.

Wisata sacral yang bisa dilihat bahkan bisa terlibat langsung adalah ritual adat seprti Bubur Petak, Bubur Abang, Sampet Jumat, Proses Pengangkatan Pejabat Adat, Qhitanan/sunatan, Mengkuris/Potong Rambut, Perkawinan, Lebaran Tinggi, Lebaran Pendeq dan Maulid Adat.

Untuk paket wisata lainnya seperti air terjun Sindang Gila dan Tiu Kelep tetap bisa diakses. Pendakian Gunung Rinjani juga melalui Budaya Kaki Rinjani, Anda akan dapat pelayanan yang berbeda seperti jasa pariwisata lainnya, karena Anda akan melalui proses Adat sebelum pendakian Gunung Rinjani.

Budaya Kaki Rinjani memang hadir untuk wisata budaya dan wisata pendidikan Nusantara, bisa dikunjungi kapan saja, tidak terpaku pada penutupan maupun pembukaan jalur treking gunung rinjani.

Anda akan bisa menikmati indahnya kebersamaan dengan keluarga Bayan, karena Anda akan menginap dirumah warga setempat. Hidangan Menu tradisional akan memberikan nuansa berbeda dalam pengalaman wisata anda bersama keluarga dan teman Anda.

 

Baca Juga :


Melihat lebih dekat aktifitas masyarakat Desa, seperti pekerjaan warga disawah, mencari rumput untuk sapi atau ternak mereka, cara mereka bergaul, cara berpakaian dan masih banyak lagi aktifitas lainnya, bahkan Anda juga bisa terlibat langsung jika ingin mencoba.

Tentu kalo melihat fasilitas yang disiapkan tidak sama seperti do hotel, karena tempat tinggal sederhana dengan Toilet local. Tetapi dengan berkunjung ke Budaya Kaki Rinjani, maka Anda akan menemukan keluara baru di Lombok, dimana setiap orang yang datang merupakan tamu. Tamu dalam pemahaman Masyarakat Lokal yang juga Masyarakat Adat Bayan adalah Raja, jadi Anda dilayani sepertihalnya pemimpin. Mungkin Anda berfikir tentang sarana transportasi, jangan khawatir, karena Masyarakat juga menyewakan sepeda motor dan mobil mereka untuk memudahkan perjalanan wisata Anda.

Sejak awal tahun 2019, sudah ada beberapa wisatawan Mancanegara yang datang, diantaranya dari Prancis, Spanyol, Amerika, Slowakia, Jerman, Inggris, dan dari Portugis. Bila ingin mengetahui detail tentang kontak dan lain-lain tentang Budaya Kaki Rinjani, Anda bisa membuka di Google Map, Booking.com, Facebook, dan Instagram.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan