logoblog

Cari

Kelapa Muda Kembang Kuning, Pikat Wisatawan

Kelapa Muda Kembang Kuning, Pikat Wisatawan

Wisata desa kini banyak digemari oleh wisatawan. Hal ini tentu merupakan tantangan bagi pegiat wisata untuk lebih kreatif dalam meningkatkan potensi

Wisata Jalan Jalan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
22 Juni, 2019 13:35:15
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 2142 Kali

Wisata desa kini banyak digemari oleh wisatawan. Hal ini tentu merupakan tantangan bagi pegiat wisata untuk lebih kreatif dalam meningkatkan potensi wisata yang ada di desa agar mampu menjawab berbagai kebutuhan wisatawan, khususnya wisatawan yang berasal dari luar negeri. Salah satu desa wisata yang kini banyak digemari oleh wisatawan yaitu Desa Kembang Kuning yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Secara topografis, letak Desa Kembang Kuning berada pada dataran bumi yang agak tinggi jika dibanding dengan desa-desa lain yang ada di sekitarnya. Desa ini pun terletak di lereng Gunung Rinjani sehingga wajar saja jika kita berkunjung di kawasan ini, kita dapat merasakan kondisi suhu yang cukup dingin. Alhasil, berkat suhu dingin yang menjadi salah satu karakter desa ini membuat banyak orang luar yang sering berkunjung di tempat ini.

Berbagai bentuk kearifan lokal yang masih dipertahankan oleh suku sasak yang sebagai penduduk asli di desa ini, sehingga mampu menjadi pikat wisata. Namun, dalam meningkatkan pikat wisatawan, para pegiat bisnis wisata yang ada di desa ini berupaya semaksimal mungkin untuk menggali potensi lain, yaitu seperti sumber daya alam yang mempesona sehingga menjadi paket wisata.

Memang, pengembangan wisata di Desa Kembang Kuning adalah sangat terbantu dengan munculnya pengembangan paket perjalanan dengan mengandalkan pesona sumber daya alam dan kearifan lokal. Khusus dalam pengembangan paket wisata dengan andalan  sumber daya alam yang unik dan mempesona, yang mana wisatawan diajak melintasi hutan rimbun, area persawahan, serta kebun kelapa. Mereka pun belajar mengenal dan mencicipi buah serta tanaman liar, demikian juga dengan melihat satwa liar seperti komunitas kera yang bergelantungan di atas pohon.



Lebih khusus tentang kelapa, wisatawan pun diberikan kesempatan untuk belajar memanjat pohon kelapa, membelah kelapa muda. Ketika wisatawan berada di area pepohonan kelapa, pemandu wisata pun bercerita  tentang segala seluk- beluk kelapa yang ada di kawasan desa wisata ini, termasuk manfaat dan cara penggunaannya pada penduduk yang ada di sekitar Desa Kembang Kuning.

Berkat pepohonan kelapa merupakan salah satu bagian sumber daya alam yang tampil mempesona di kawasan desa wisata ini, para pegiat bisnis wisata menjadikan pohon kelapa sebagai salah satu bagian dari paket perjalanan wisata yang ada di desa ini.

 

Baca Juga :


Musanip, selaku pemuda pelopor wisata dari Desa Kembang Kuning mengatakan, “Dalam meningkatkan pikat wisatawan, kami pegiat bisnis wisata di desa ini berupaya menjadikan keunikan potensi sumber daya alam yang mempesona. Salah satu potensi alam yang dimiliki oleh desa ini adalah tumbuh-tumbuhan seperti tanaman pohon kelapa yang banyak tumbuh di tengah hutan atau di kebun-kebun. Untuk memikat wisatawan, kami pun menjadikan tanaman atau kebun kelapa tersebut sebagai paket wisata.Namun agar lebih menariknya, kami juga memperlihatkan langsung kepada wisatawan tentang demonstrasi manjat kelapa serta cara membelah kelapa muda yang dilakukan oleh tukang kebun" ujarnya.

"Kami juga mengajarkan kepada wisatawan tentang cara memanjat kelapa dan juga cara membelahnya. Selain itu, kami juga menceritakan juga kepada mereka tentang seluk-beluk kelapa, termasuk manfaat dan cara penggunaannya pada kehidupan masyarakat yang ada di Desa Kembang Kuning, ” ujar Musanip.

Selain itu, paket wisata desa yang ditawarkan di Desa Kembang Kuning merupakan juga salah satu tujuan untuk memperkenalkan situasi desa yang ada di Negara Indonesia, termasuk pengenalan budaya atau kearifan lokal dengan cara  mengajak berjalan-jalan sekaligus belajar untuk bertahan hidup di desa ini yang terasa asing bagi mereka.
 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan