logoblog

Cari

Pesona Dusun Ganjar

Pesona Dusun Ganjar

Keanekaragaman topografi di suatu pulau adalah salah satu hal yang menjadikan pulau itu memiliki nuansa keindahan. Dari kawasan pesisir pantai, pebukitan,

Wisata Jalan Jalan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
14 Mei, 2019 22:07:42
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 3094 Kali

Keanekaragaman topografi di suatu pulau adalah salah satu hal yang menjadikan pulau itu memiliki nuansa keindahan. Dari kawasan pesisir pantai, pebukitan, pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, dan lainnya menjadi suatu komposisi permukaan bumi atau pulau yang amat indah untuk dijelajahi oleh para pencinta alam, dan atau wisatawan. Salah satu pulau yang tampil mempesona dari segi topografi adalah Pulau Lombok. Sejumlah pantai berpasir putih menjadi andalan destinasi wisata pantai di Pulau Seribu Masjid ini. Demikian pula dengan pegunungan yang indah dan menjulang tinggi menjadi daya tarik wisata di pulau indah ini. Di sisi lain, di beberapa wilayah yang ada di pulau ini, sebuah pebukitan yang oleh tangan-tangan manusia dirombak menjadi sebuah lahan persawahan yang bentuknya bertingkat-tingkat, atau berbentuk terasiring sehingga sangat indah di pandang mata. Kali ini, akan dituturkan sebuah dusun yang memiliki lahan persawahan dalam bentuk terasiring yang sangat mempesona. Adalah Dusun Ganjar yang terletak di Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.   

Dusun Ganjar berada di daerah pebukitan dan terpencil. Namun, dusun ini memiliki hamparan persawahan yang luas dan berbentuk terasiring. Bentuk persawahan yang bertingkat-tingkat atau terasiring menjadikan dusun ini tampak indah dan memukau di mata pengunjung.

Terkait dengan kondisi alamnya, dominan penduduk yang ada di Dusun Ganjar menyerahkan diri kepada alam sebagai petani. Pada musim penghujan, warga petani menjadikan kebiasaan untuk menanam padi. Sementara pada musim kemarau, mereka menanam tanaman palawija sebagai pengganti padi. Hal ini disebabkan oleh betapa sulitnya untuk memperoleh air pada musim kemarau.

Terlepas dari hal pertanian, yang mana bila menjelajahi di wilayah Dusun Ganjar, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, kita akan menemukan sebuah masjid dan vihara. Lokasi dari kedua tempat peribadahan yang berbeda tersebut sangat berdekatan. Hal ini menunjukka bahwa pada masyarakat Dusun Ganjar terdiri dari dua pemahaman kepercayaan atau agama. Sebagian masyarakat memeluk agama Islam, dan sebagian memeluk agama Budha. Namun keberagaman dan keamanan dalam masyarakat Dusun Ganjar tetap menjadi hal yang di nomor-satukan.

Wirandi (30 thn) mengatakan, “ Masyarakat yang ada di Dusun Ganjar hidup dalam harmonis dan selalu berdampingan. Hal ini ditandai dengan adanya sebuah masjid dan vihara yang berdampingan,” ujarnya.

Sikap toleransi dan jiwa kebersamaan tetap tertanamam pada masyarakat Dusun Ganjar. Dalam hal bercocok tanam di sawah, masyarakat Dusun Ganjar tetap mengutamakan sikap toleransi dan sifat kebersamaan. Mereka pun selalu menunjukkan sikap kegotong-royongan dalam berbagai bentuk kegiatan, seperti dalam kegiatan kebersihan lingkungan.

 

Baca Juga :


Untuk menemukan Dusun Ganjar yaitu dapat ditempuh dengan melewati Gerung (Lombok Barat), kemudian melewati pelabuhan Lembar. Setelah itu kita akan memasuki wilayah Desa Sekotong Timur. Kemudian anda akan belok kiri dan akan memasuki kawasan perbukitan yang cukup tinggi untuk dinaiki, dan mobil pun dapat melewatinya. Namun lebih jelasnya, jarak tempuh dari Kota Mataram adalah sekitar 40 km atau 1 jam 15 menit waktu perjalanan. Dari Mataram, anda akan menggunakan waktu sekitar 15 – 20 menit sebelum tiba di kawasan Dusun Ganjar, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Lombok Barat.

Suatu pertanda di saat kita tiba di Dusun Ganjar, kita akan disambut oleh hamparan persawahan yang menyerupai Desa Ubud di Pulau Bali. Sawahnya yang hijau dan bertingkat-tingkat atau berbentuk terasiring, yang tentu pula akan mengingatkan kita pada sistem Subak atau sistem persawahan yang banyak dilkukan di Bali.

Bagi anda yang ingin menikmati suasana pedesaan yang diwarnai oleh bentuk persawahan yang bertingkat-tingkat atau terasiring, silahkan datang ke Dusun Ganjar, Desa Mareje, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Hanya saja, disarankan bepergian dengan kendaraan pribadi agar benar-benar anda dapat menikmati suasana alam sekitar, terutama di saat memasuki kawasan Desa Mareje. Sebab pada kawasan desa ini, anda dapat menyaksikan hamparan persawahan hijau nan indah, apalagi dengan bentuk persawahan yang bertingkat-tingkat atau terasiring yang ada di Dusun Ganjar. Selain itu, ketika memasuki kawasan Desa Mareje, perlu kehati-hatian, sebab kondisi fisik jalan lumayan terjal dan cukup berliku.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085333838169, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan