logoblog

Cari

Museum di Hati Anak

Museum di Hati Anak

Berasal nun jauh dari Lombok Timur, tempatnya di Dusun Jerua, Desa Montong Beter, Kecamatan Sakra Barat, tiga bersaudara Andini Kasilda Cahyati

Wisata Jalan Jalan

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
22 April, 2019 15:13:01
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 2142 Kali

Berasal nun jauh dari Lombok Timur, tempatnya di Dusun Jerua, Desa Montong Beter, Kecamatan Sakra Barat, tiga bersaudara Andini Kasilda Cahyati (10), Alya Raudatul Anwari (8), dan Muhammad Wafiq Ikhtiar (7) memilih Museum Negeri NTB sebagai salah satu destinasi wisatanya kali ini saat berkunjung ke Mataram. Mereka mengaku sangat gembira mengunjungi museum yang dibangun sejak tahun 1981 tersebut.

Meski bukan kali pertama, mereka tetap antusias kembali menelusuri beraneka benda koleksi Museum Negeri NTB. Mereka menikmati  kesenian tradisional Lombok dan Sumbawa (misalnya keris, songket, keranjang dan masker) serta subjek terkait seperti geologi, arkeologi, arsitektur, biologi, keramik, lukisan, dan lain-lain.

“Iya tetep seneng bisa liat barang-barang antik. Dulu gak bisa baca semua soalnya datengnya rame-rame,” tutur Alya diamini oleh kakak dan adik misannya, Dini dan Wafiq.

Sesekali mereka berhenti di salah satu koleksi, dan membaca deskripsi yang tertulis bersama. Tak jarang mereka takjub saat mengetahui sebuah fakta, misalnya buaya besar yang dipajang di dekat pintu masuk merupakan buaya asli yang diawetkan.

“Dulu sekali pas dateng ke sini dikita belum bisa baca,” kata Dini yang disusul tawa adik-adiknya.

 

Baca Juga :


Selepas menengok koleksi benda-benda bersejarah, ketiganya kemudian bercengkrama di bawah pohon di samping museum sambil menikmati es podeng yang dibelikan kakak pendamping mereka. Astrin Winda Audya (23) menuturkan, liburan ke Museum bisa menjadi alternative bagi anak-anak yang ingin berlibur.

“Karcisnya sangat terjangkau, hanya dua ribu rupiah untuk anak-anak dan empat ribu untuk orang dewasa. Koleksinya cukup untuk membuat anak-anak senang. Walaupun masih kurang banyak, jadi anak-anak gak bisa lama-lama di dalam,” tutur Astrin.

Setelah melihat beraneka koleksi Museum Negeri NTB dan melepas lelah dengan segelas es podeng di bawah pohon. Liburan keluarga tersebut kemudian pulang selepas shalat zuhur bersama di Mushala yang telah disediakan. (novita-tim media)



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan