logoblog

Cari

Paket Wisata Ke Bima

Paket Wisata Ke Bima

Bima memiliki destinasi wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, budaya dan bahari. Bentangan keindahan alam dan kekayaan khasanah budaya Bima

Wisata Jalan Jalan

KM. Makembo
Oleh KM. Makembo
15 Januari, 2019 07:52:45
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 9520 Kali

Bima memiliki destinasi wisata yang lengkap mulai dari wisata alam, budaya dan bahari. Bentangan keindahan alam dan kekayaan khasanah budaya Bima atau yang juga dikenal dengan Dana Mbojo ini menarik perhatian setiap orang untuk mengunjunginya. Bima terdiri dari dua wilayah pemerintahan, yaitu Kota Bima dan Kabupaten Bima. Bima berada di ujung Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Bagi anda yang ingin mengisi liburan terutama di akhir pekan, kami menawarkan paket wisata khusus ke Bima dengan biaya paket wisata murah. Disamping menikmati keindahan alam dan pesona budaya, kami juga akan menyuguhkan kuliner khas Bima kepada anda. Selama tour anda akan dipandu dan ditemani oleh pemandu profesional dan narasumber dari Bimacorner dan Komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo ( Makembo). Paket yang kami tawarkan  sudah termasuk penginapan,transportasi dan antar jemput di bandara, makan minum dan snack, serta nonton bareng atraksi kesenian Tradisional Bima. Paket ini  tidak termasuk Tiket pesawat, Bus, atau Kapal laut PP.

City Tour Sehari

Kota Bima memiliki destinasi wisata yang cukup lengkap, baik wisata alam, budaya dan bahari. Sehari di kota Bima, anda akan dapat mengunjungi destinasi wisata budaya sambil menikmati keindahan teluk Bima dan pusat kota Bima, anda dapat mengunjungi Museum Asi Mbojo ( Istana Kesultanan Bima), Langgar Kuno Melayu yang didirikan pada tahun 1608, Masjid kesultanan Bima, mengunjungi sentra kerajinan tenun, menyusuri keindahan pesisir utara teluk Bima dan sunset di bukit Dana Taraha di kompleks Makam Para Sultan Bima. Nah, pada malam hari anda akan dapat menyaksikan atraksi kesenian tradisional Bima sambil menikmati Dinner dengan kuliner khas Bima. Biaya untuk City Tour sehari adalah Rp. 850.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Jelajah Teluk Bima

Sejak turun dari Bandara Sultan Muhammad Salahuddin, mata anda akan terbuai dengan keindahan teluk Bima nan tenang. Ingin mengitari keindahannya ? maka paket wisata Jelajah Teluk Bima kami tawarkan untuk anda. Tidak perlu khawatir, karena teluk ini tenang sepanjang tahun dan musim, terutama jika berlayar di pagi hari. Kami tawarkan paket wisata jelajah teluk Bima dengan mengunjungi beberapa obyek wisata di seluruh sisi teluk ini menggunakan Perahu Motor.  

Beberapa obyek wisata yang akan anda kunjungi antara lain, pantai Lawata, Pulau Kambing yang berada di tengah teluk dan di pulau ini terdapat makam Para Mubaliq. Dari pulau kambing kita menuju Situs Candi Tebing Wadu Pa’a atau Batu Pahat peninggalan Era Hindu di Bima. Dari Wadu Pa’a kita menuju Benteng Asa Kota, sebuah benteng pertahanan kesultanan Bima yang didirikan pada abad ke-17. Biaya Paket ini sebesar Rp. 850.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Jelajah Lereng Tambora

 

Tambora adalah “ The Blessing In Disques “ atau rahmat Tuhan yang tersembunyi setelah letusan dahsyat pada tahun 1815. Kini melewati dua abad letusan itu, perhatian dunia pada Tambora dan segala potensinya terus dilakukan, terlebih setelah ditetapkan sebagai Taman Nasional dan Geopark. Tambora masuk dalam wilayah Bima dan Dompu. Sisi selatan dan sebagian barat gunung yang dulu bernama Aram-Aram ini masuk dalam wilayah Kabupaten Dompu. Sedangkan di sisi utara dan sebagian baratnya masuk dalam wilayah kabupaten Bima.

Tambora cukup indah untuk dijelajahi, baik mendaki puncaknya atau sekedar berkeliling di lereng selatan, barat maupun timurnya. Perjalanan ke Tambora ditempuh selama 4-5 jam dari kota Bima. Sepanjang perjalalan anda akan menikmati panorama laut teluk saleh yang biru, padang savana, gunung Tambora dari kejauhan, dan suasana desa-desa transmigrasi di sepanjang jalan menuju Tambora. Pemandangan  di sisi selatan, barat dan utara cukup indah dan memesona. Kami juga akan mengajak anda untuk menikmati Kopi Tambora, mengunjungi kebun kopi Tambora, Rumah atas dan pesanggarahan Tambora dimana terdapat artefak peninggalan peradaban Tambora dan tempat menarik lainnya seperti pulau Satonda, Bukit Kima dan Pantai Beranti.

Jika anda ingin menjelajahi lingkar Utara Tambora kami akan mengajak anda untuk mandi di air terjun Bidadari, dan menjelajahi desa, pantai dan perkebunan kayu putih hingga mengunjungi makam kuno di kecamatan Sanggar Kabupaten Bima.    Kami menawarkan paket perjalanan wisata menuju Tambora dengan biaya Rp. 2.000.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Paket  Weekand Di Pulau Satonda

Satonda adalah sebuah pulau mungil nan indah di sebelah barat gunung Tambora. Di dalam pulau ini terdapat sebuah danau air asin dengan tingkat keasinan yang cukup tinggi. Para wisatawan Mancanegara sering singgah di pulau ini untuk weekand dengan kapal pesiar dari pulau Bali-Lombok dan pulau Moyo sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau Komodo NTT. Bagi anda yang ingin menghabiskan weekand di pulau –pulau terluar dan jauh dari kebisingan sambil diving dan snorkeling, Satonda adalah pilihannya.

Perjalanan menuju Satonda ditempuh sekitar 4 sampai 5 jam dari kota Bima. Meski jauh, namun sepanjang perjalanan cukup mengasyikan. Memasuki kecamatan Pekat kabupaten Dompu, terutama di sepanjang jalur Doro Ncanga dan Doro Peti, mata kita disuguhi pemandangan indah dengan hamparan padang savana Tambora di sisi utara dan teluk saleh yang biru merangsang. Pokoknya tak akan bosan dan jenuh deh, pemandangan indah menemani perjalanan menuju Satonda.

Akses menuju Satonda bisa dilalui dari Labuan barat Desa Nanga Miro kabupaten Dompu dari sisi selatan dan desa Labuan Kananga di sebelah timur. Dua wilayah ini sangat dekat dengan pulau satonda yaitu sekitar 15 menit penyebrangan dengan menggunakan Motor Boat maupun perahu tempel. Untuk itu, kami tawarkan paket weekand di pulau penuh legenda ini dengan biaya Rp.1.680.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Jelajah Desa Tradisional

Di Bima, terdapat beberapa desa tradisional yang menarik untuk dikunjungi. Tiga di antaranya adalah Desa Maria Wawo, Sambori dan desa-desa di wilayah Donggo. Tiga desa tersebut berada di dataran tinggi di sebelah barat,tenggara dan timur teluk Bima. Tiga desa tersebut mamiliki keunikan baik dari sisi tradisi, bahasa dan kearifan lokal yang telah diwarisi turun temurun. Misalnya tradisi Arugele dan sagele ketika memasuki musim tanam, serta syair-syair dan senandung penuh petuah warisan para leluhur.

Di Maria terdapat kompleks Uma Lengge yang dulu adalah tempat tinggal, tetapi sekarang menjadi tempat penyimpanan padi. Ada juga jenis bangunan seperti Jompa atau lumbung. Masyarakat setempat menyimpan padi dan palawija di Uma Lengge. Disamping Uma Lengge, anda juga akan disuguhkan tarian tradisional Bima dan atraksi Ntumbu atau Adu Kepala. Di Uma Lengge kami akan menyiapkan aneka kuliner khas Bima.

 

Baca Juga :


Di desa Mbawa kecamatan Donggo anda akan berkunjung ke situs Uma Leme peninggalan para Ncuhi ( leluhur masyarakat Donggo), dan menikmati tarian kalero dan beberapa senandung khas Donggo. Di Sambori anda akan kami ajak menjelajahi desa yang masih kental dengan adat dan tradisinya.

Biaya Paket Wisata budaya ini sebesar Rp.2.750.000 per orang, rombongan minimal 5 orang. Bagi anda yang ingin tour selama 2 hari kami tawarkan paket Rp.2.000.000 per orang dan 1 hari Rp. 1.500.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Jelajah Keindahan Pesisir Bima

Sejumlah obyek yang bisa dikunjungi selama tiga hari tour adalah teluk Waworada, Pantai Papa dan Lariti, Desa Bajo Pulau, Pulau Ular, Desa Sangiang, pantai Mawu dan makan ikan bakar di Ina Sei, pantai Ujung Kalate,  Oi Fanda dan sejumlah pantai dan obyek menarik lainnya. Di desa Sangiang anda juga dapat melihat langsung aktifitas warga yang membuat perahu, menenun dan aktifitas lainnya.Untuk itu, kami tawarkan paket Jelajah Keindahan Pesisir Bima selama 3 hari dengan paket wisata murah sebesar Rp.2.000.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang. Bagi anda yang ingin tour dua hari kami tawarkan paket Rp.1.500.000 per orang dan untuk satu hari tour kami tawarkan Rp.1.000.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Wisata Kopi Dan Jelajah Situs Padende

Padende adalah sebuah dusun dari desa Bumi Pajo yang terletak di Donggo bagian barat. Padende berada di ketinggian kurang lebih 800 -1000 meter di atas permukaan laut. Jika kita berkunjung ke Padende, maka kopi adalah suguhan utama warganya. Kebun Kopi jenis Arabica seluas lebih kurang 40 hektar megitari desa ini. Ada juga Kahawa Mpida (kopi dengan biji kecil) yang bisa dinikmati di Padende. Disamping minum kopi, anda juga dapat membeli kopi Padende langsung dari warga. Jika anda berkunjung pada bulan Juli hingga Agustus, anda akan mencoba pengalaman memetik kopi dalam pesta panen kopi masyarakat Padende.  

Akses menuju Padende adalah belok ke utara dari perbatasan Bima-Dompu di desa Rora. Padende adalah kampung sejarah yang masih menyimpan banyak misteri dan butiran peradaban masa silam. Ada 6 situs sejarah di Padende dan sekitarnya yaitu situs Wadu Tunti di So Tolo Wadu Tunti, Wadu Nocu di So Rangga lenggo, Makam yang disebut Makam gajah mada di so karama atau so Ri i Wadu Kopa di so Dungga Sampi. Hidi Edi atau hidi Kopa yang diduga telapak kaki Gajah Mada. Dan Wadu Ntari di desa Rora.

Kami tawarkan wisata Kopi dan jelajah situs Padende dengan bermalam di rumah warga sebesar Rp. 850.000 per orang dengan rombongan minimal 5 orang.

Wisata Event Upacara Adat Hanta UA PUA

Upacara Adat Hanta UA PUA adalah upacara spektakuler sejak era kesultanan Bima. Event ini biasa dilaksanakan pada bulan maulid atau bulan Rabiul Awal karena Hanta UA PUA adalah upacara yang dihajatkan untuk mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW serta untuk menghormati jasa para mubaliq yang menyiarkan agama islam di tanah Bima.

Pelaksanaan Hanta UA PUA dimulai pada pukul 07.00 Wita yang dimulai dengan arak-arakan Uma Lige ( Rumah Mahligai) dari kampung Melayu menuju Istana Bima. Di atas Uma Lige terdapat penghulu Melayu, penari Lenggo, seperangkat sirih pinang dan Kitab Suci Alquran untuk diserahkan kepada Sultan. Arak-arakan diiringi berbagai atraksi seni budaya tradisional. Ketika rombongan tiba di Istana Bima, disambut oleh Sultan dan para undangan kemudian dilaksanakan prosesi sakral penyerahan kitab suci Alquran. Acara diakhiri dengan pembagian 99 bunga telur yang melambangkan asmaul husna.  Biaya Paket Wisata budaya ini sebesar Rp.850.000 per orang, rombongan minimal 5 orang.

Wisata  Sagele ( Wisata Desember )

Sagele adalah prosesi menanam padi, jagung atau palawija diiringi senandung dan alat musik Biola atau Gambo ( Sejenis gambus tradisional Bima). Sagele biasanya dilaksanakan pada minggu kedua setiap bulan desember di lereng-lereng pegunungan di sekitar Kota dan Kabupaten Bima. Bagi anda yang ingin mengisi liburan sambil melakukan sagele bersama warga yang menanam, anda akan kami ajak untuk ber-sagele bersama warga menikmati segarnya udara pegunungan dan mencoba pengalaman baru menanam padi. Tapi. Harus bangun pagi-pagi lho... karena Sagele dimulai pukul 07.00 Wita dan biasanya berakhir pada pukul 10.00 Wita. Paket Wisata event Sagele sebesar Rp. 850.000 per orang, rombongan minimal 5 orang.

Penerbangan ke Bima setiap hari dengan pesawat Garuda, NAM Air, dan Lion/Wings Air baik dari Denpasar, Mataram maupun Makassar. Akses ke Bima juga bisa melalui Pelabuhan penyeberangan Sape setiap hari dengan kapal Ferry dan dengan bis umum melalui terminal Dara kota Bima dari dan ke Mataram - Lombok. Sedangkan melalui pelabuhan Bima tergantung jadwal pelayaran KM.Kelimutu,KM Wilis, KM Tilongkabila dan Awu serta NTB Express.

Ayo ke Bima bersama bimacorner dan ditemani komunitas Budaya Majelis Kebudayaan Mbojo ( Makembo). Kontak person : Alan Malingi 0811390858 – WA : 08123734986. Email:alanmalingi2@yahoo.com atau alanmalingimalingi@gmail.com  (YY)

  



 
KM. Makembo

KM. Makembo

Pemimpin/Penanggungjawab : Ruslan. S.Sos ( Alan Malingi ) Bidang Pubdok/Kampung Media Ketua : Rahmat Hidayatullah Wakil Ketua : Dedy Kurniawan Sekretaris : Badrunsyah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan