logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kawis Krisan Kampung Penuh Warna

Kawis Krisan Kampung Penuh Warna

Kawis krisan adalah suatu desa bernama Kebon Lelang yang ada di kelurahan banjar, desa ini merupakan kampung wisata dengan aneka warna

Wisata Jalan Jalan

Husnul hidayati
Oleh Husnul hidayati
09 November, 2018 09:15:46
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 459 Kali

Kawis krisan adalah suatu desa bernama Kebon Lelang yang ada di kelurahan banjar, desa ini merupakan kampung wisata dengan aneka warna dan tulisan-tulisan yang sangat menarik, dan dapat menjadi tempat foto oleh masyarakat yang berkunjung.

Kawis krisan didirikan oleh Aisyah Odist yang merupakan pemimpin dari Bank sampah NTB Mandiri. Kawis krisan dahulunya merupakan suatu kampung yang sangat kumuh dan mulai dibenahi pada 2 juni 2017. Masyarakat yang tinggal di kampung Kebon Lelang mulai membenahi rumahnya masing-masing seperti mengecat dan menghiasi rumahnya dengan sampah-samah yang dapat didaur ulang oleh masyarakat setempat. Petugas yang bertanggung jawab juga mendata 150 KK dan dibagi menjadi enam sektor.

Sektor pertama bernama Painting Gate yang merupakan pintu masuk menuju wisata kawis krisan, disana kita akan disuguhkan oleh lukisan-lukisan yang sangat menarik. Sektor kedua bernama Bank sampah yang merupakan tempat mendaur ulang sampah-sampah layak digunakan. Sektor tiga bernama Rute Wisata yang dimana merupakan taman krisan dan panggung sarief, panggung sarief merupakan panggung tempat melakukan kegiatan perkusi dengan menggunakan ember bekas dan barang-barang bekas lainnya yang bisa digunakan untuk bermain musik. Sektor 4 bernama Fishing Area, disektor ini para pengunjung akan melihat 10 tempat pemancingan yang dihiasi dengan payung-payung. Sektor 5 bernama Land yang merupakan tempat diadakannya suatu acara seperti pernikahan, sunatan, tahlilan dan lain sebagainya. Dan yang terakhir sektor 6 bernama Rumah Kompos yang merupakan tempat para pengunjung melihat dan belajar langsung cara membuat kompos.

Kawis krisan bukan hanya tempat foto-foto saja namun juga merupakan tempat belajar anak-anak seperti bermain perkusi di panggung sarief yang telah dijadwalkan pada setiap hari selasa, kamis, sabtu dan minggu. Di Kawis Krisan ini jugaterdapat taman pintar yang dimana taman tersebut merupakan tempat lomba mewarnai dan menggambar untuk anak-anak usia dini. Perlombaan tersebut diadakan oleh komunitas-komunitas seperti komuntas BIAP (Buku Ini Aku Pinjam), komunitas Kelas Inspirasi dan komunitas-komunitas lainnya.

 

Baca Juga :


Kawis krisan kini menjadi tempat wisata yang sangat kreatif dan menjadi tempat foto bersama teman-teman, selain itu kawis krisan juga menjadi tempat belajar anak-anak usia dini sehingga mereka dapat berkreasi sambil bermain dan dapat menyadari betapa pentingnya kebersihan lingkungan sekitar. []



 
Husnul hidayati

Husnul hidayati

lakukan yang terbaik maka allah akan memberikanmu yang terbaik !

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan