logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pantai Berbintang Laut

Pantai Berbintang Laut

Pulau Maringkik bukan hanya terkenal sebagai pulau nelayan. Sejumlah batu karang yang mengapit di pulau ini menjadi sentuhan indah di mata

Wisata Jalan Jalan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
21 Juli, 2018 21:40:02
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 748 Kali

Pulau Maringkik bukan hanya terkenal sebagai pulau nelayan. Sejumlah batu karang yang mengapit di pulau ini menjadi sentuhan indah di mata pengunjung. Menjelajah pada kawasan pantai di pulau ini, populasi bintang laut menjadi suatu keunikan. Hewan lucu berbentuk bintang ini dapat diajak untuk bercenkerama dan poto bersama.


Maringkik merupakan sebuah pulau kecil yang dihuni oleh beberapa suku pendatang, diantaranya  suku bugis, makassar, dan sumba.  Pulau yang memiliki budaya campuaran ini terletak di Desa Tanjung Luar, Kecamatan Kruak, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Ada keunikan lain yang menjadi daya tarik pengunjung di Pulau Maringkik.  Sebuah gundukan pasir yang panjang  tampil menawan di tengah  laut. Hanya saja gundukan pasir itu dapat dijelajah pada saat air laut lagi surut. Lebih seruhnya lagi, di saat gundukan pasir itu muncul, para pengunjung dapat berjalan kaki hingga ke sebuah gili yang ada di seberang. Penduduk sekitar menamakan gili itu sebagai “Gili Bembe”.

Karakter pasir yang berupa gundukan itu layaknya butiran merica, warnanya pun agak putih. Namun bila matahari sedang memuncak di atas kepala, tampilan warna pasir itu lebih putih lagi bila dipandang jauh.

Satu hal yang menjadikan tepian gundukan pasir itu lebih hidup adalah kehadiran bintang laut yang tampak indah nan lucu. Air laut pada tepian gundukan pasir itu tampak jernih sehingga mata dapat memandang jelas bintang laut yang beraneka ragam itu.

Banyak Pengunjung memotret hewan yang bernama bintang laut itu. Tak jarang pengunjung yang mengangkat hewan lucu itu dari dalam air, bahkan beberapa dari mereka membawa pulang sebagai kenang-kenangan.

 

Baca Juga :


Perahu-perahu sewaan juga terkadang berhenti di sekitar pantai gundukan pasir Maringkik. Yang jelasnya, para penumpang perahu sewaan itu jatuh cinta pada hewan yang berbentuk bintang itu.

Berminat untuk berpose di atas gundukan pasir? Atau poto bersama dengan bintang laut, berkunjung saja ke Pulau Maringkik.

Untuk menemukan Pulau Maringkik, apabila kita beranjak dari Kota Mataram, kita pun dapat melewati Kota Praya (Lombok Tengah). Di saat berada di Praya, silahkan mengambil jalur kiri yang mengarah ke Mujur. Dari Mujur, silahkan melaju ke arah Kruak (Lombok Timur) hingga bertemu dengan Pasar Kruak. Jika anda menemukan Pasar Kruak, silahkan melaju lagi hingga bertemu dengan simpang tiga. Dari simpang tiga, terus lagi belok kiri, dan sekitar 800 meter kita akan dipertemukan sebuah jalanan yang membelok ke arah kanan yaitu ke Tanjung Luar. Dari jalan Tanjung Luar, silahkan melaju terus dan jangan berhenti sebelum bertemu dengan Pasar Tanjung Luar atau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang terletak di tepi pantai. Di sekitar TPI inilah terdapat penyeberangan ke Pulau Maringkik. Di lokasi penyeberangan ini tersedia perahu umum yang akan mengantar para penumpang ke Pulau Maringkik. Adapun harga tiket penyeberangan ke Pulau Maringkik yaitu hanya 5.000 rupiah. Kecuali jika anda ingin menggunakan perahu wisata, tentu harganya jauh lebih tinggi jika dibanding dengan harga perahu umum.Untuk tempat parkir, di lokasi ini, warga sekitar siap menampung kendaraan pribadi anda dengan sistem parkir.

Pesan bagi wisatawan yang akan mengunjungi Pulau Maringkik dan sekitarnya adalah bahwa untuk menemukan Lokasi Tanjung Luar, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, sebab kendaraan umum yang menuju ke Tanjung Luar agak sulit karena penumpang harus mencari mobil angkutan secara estapet.

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan