logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rumah Makan Bernuansa Pedesaan

Rumah Makan Bernuansa Pedesaan

Jelang buka puasa, sebuah rumah makan lesehan yang bernuansa pedesaan kini diramaikan oleh pengunjung. Rumah makan lesehan ini terletak di areal

Wisata Jalan Jalan

ANDI MULYAN
Oleh ANDI MULYAN
25 Mei, 2018 21:44:11
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 13311 Kali

Jelang buka puasa, sebuah rumah makan lesehan yang bernuansa pedesaan kini diramaikan oleh pengunjung. Rumah makan lesehan ini terletak di areal persawahan, dan memilki konsep unik yaitu ruang makan berupa baruga di atas kolam ikan dengan menu makanan berupa ikan bakar yang langsung diambil dari dalam kolam.

Areal rumah makan lesehan ini memilki suasana sejuk dan damai. Letaknya pun strategis, yaitu, pada bagian kiri jalanan apabila kita berangkat dari Kota Mataram menuju Labuhan Lombok, Lombok Timur. Tepatnya terletak di Jalan Raya Mataram- Labuhan Lombok, KM 48 Selong Kabupaten Lombok Timur.

Lesehan yang bernuansa pedesaan ini bernama Lesehan Mentari Aik Embun. Ada 9 barugak yang menjadi rang atau tempat makan di lesehan ini. Dari ke 9 baruka tersebut, satu diantaranya menjadi baruga induk yang ukuran luasnya sekitar sembilan kali tiga meter dan 8 baruga lainnya yang berbaris mengitari baruga induk ini.

Bagi ummat muslim, pihak rumah makan ini telah menyediakan tempat ibadah dan juga tempat untuk berwudhu. Kamar kecilpun turut menjdi pelengkap fasilitas pada rumah makan lesehan yang bernuansa baruga ini.

Konon, sumber mata air yang mengalir di areal persawahan ini, termasuk yang mengairi kolam lesehan ini adalah berasal dari kaki Gunung Rinjani.

Secara gegrafis, areal rumah makan lesehan ini berada pada posisi daratan yang sangat rendah jika dibandingkan dengan letak jalanan raya yang ada di depannya, sehingga bila kita ingin masuk ke areal rumah makan lesehan ini harus melalui tangga jalan yang terbuat dari semen menuju ke bawah (areal rumah makan lesehan).

 

Baca Juga :


Sejumlah pepohonan yang menjadi penyejuk di areal rumah makan ini, seperti pohon kelapa yang tumbuh secara alami.

Menu makanan yang dihidangkan di rumah lesehan Mentari Aik Embun ini adalah seperti ikan bakar mujair, ikan karper bakar, dan ayam bakar serta sayur bening. Sistem tata hidangannya pun dengan bernuansa tradisional, yaitu menu hidangan diletakkan di atas tikar dan pengunjungpun menyantapnya dengan tangan, dan dalam posisi duduk bersila. Sungguh unik dan nyaman bila kita menyempatkan diri untuk mencicipi hidangan makan yang ala trdisional di tempat ini.

Mengenai harga ikan bakar per satu porsi di Lesehan Mentari Aik Embun, itu disesuaikan dengan jenis ikan yang dipilih. Namun jangan takut, harga makanan bakar di sini cukup terjangkau oleh kondisi ekonomi masyarakat sekitar.

Lesehan Mentari Aik Embun siap melayani pengunjung dari pukul 9.00 pagi sampai dengan pukul 12.00 malam, kecuali pada bulan puasa hanya dibuka pada jelang buka puasa hingga jam 12 malam.Bagi orang luar yang kebetulan melewati jalur Jalan Mataram Menuju ke Labuhan Lombok dapat mampir beristirahat di tempat ini sambil mencicipi makanan bakar yang dilengkapi dengan minuman dingin. []



 
ANDI MULYAN

ANDI MULYAN

Andi Mulyan, Tinggal di Kota Mataram Bintang : Aries Hobby : Musik Dangdut dan Menulis

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan