logoblog

Cari

Tutup Iklan

Desa Penenun

Desa Penenun

Lombok memiliki sejuta pesona. Pesona alam, budaya, adat istiadat dan tradisi menjadi daya tarik dari pulau ini . Lombok juga memiliki

Wisata Jalan Jalan

Nadya Elya
Oleh Nadya Elya
08 Januari, 2018 15:23:24
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 6078 Kali

Lombok memiliki sejuta pesona. Pesona alam, budaya, adat istiadat dan tradisi menjadi daya tarik dari pulau ini . Lombok juga memiliki segudang karya seni, seni musik, seni tari, seni peran dan seni kriya. Banyak hal yang menjadi daya tarik pulau seribu masjid ini.  Kerajinan yang ada di Lombok juga yang mengundang ketertarikan publik dunia.

Berbicara tentang kerajinan, Desa Wisata Sade adalah Desa wisata yang kerap dikunjungi pelancong. Yang menarik dari desa ini adalah tempat tinggal khas masyarakat sasak dan juga kerajinan tenun yang ada di tempat ini. Bukan hanya Desa Sade. Kerajinan Tenun Lombok juga ada di Desa Wisata Sukerare.

Desa Sukerare disebut sebagai rumah para penenun, sebab  di desa ini tempat para penenun menciptakan karya seni tenun khas Lombok.

Desa yang terletak di Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah ini merupakan tempat lahirnya para penenun handal kain tradisional Lombok yaitu songket. kain tenun ini tentunya butuh ketelatenan dan ketelitian para penenun. Kain ini dirangkai dari gulungan benang perak dan emas.

Kain songket adalah kain khas Lombok yang menjadi salah satu bahan karya pakaian para fashion designer. Kain ini menjadi kain khas yang sangat diminati, selain para fashion designer para pemilik butik di berbagai daerah di Indonesia juga secara khusus memesan kain ini

Menurut salah satu pemilik toko kain tenun di Sukerare, kain tenun khas sukerare menjadi kain yang sering diburu para pemiliki butik di Pulau Jawa.

 

Baca Juga :


“Kain di sini sudah saya jual sampai ke butik-butik di Surabaya,” ungkap Eva salah seorang pemiliki toko kain di Sukerare.

Bukan hanya di Indonesia, wisatawan mancanegara juga meminati kain khas sukerare ini. Pengunjung asal Australia juga menjadi pengunjung yang sangat meminati kain ini.

“Turis Australia sering datang kesini beli kain,”imbuhnya.

Di desa ini para pelancong tidak hanya dapat membeli kain tenun khas Lombok saja tapi pelancong juga dapat melihat penenun merangkai gulungan benang dan menenun songket. Selain itu pengunjung dapat mencoba memakai kain dan pakaian khas Lombok di tempat ini. []



 
Nadya Elya

Nadya Elya

Proud Indonesian, Worker by day email : nadyaelyanp@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan