logoblog

Cari

Tutup Iklan

Temukan Kedamaian di Pantai Labuhan Haji

Temukan Kedamaian di Pantai Labuhan Haji

Pantai Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, NTB era tahun 50-an lebih populer dengan bandar pelabuhan dan pusat perdagangan,

Wisata Jalan Jalan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
25 Desember, 2017 15:55:42
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 801 Kali

Pantai Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur, NTB era tahun 50-an lebih populer dengan bandar pelabuhan dan pusat perdagangan, dimana para calon jamaah haji asal Pulau Lombok bahkan dari Pulau Sumbawa menjadi lokasi pemberangkatan bagi calon jamaah haji yang hendak menunaikan ibadah rukun Islam kelimanya di Tanah Suci Makkah.

Sejak era kepemimpinan Bupati Lombok Timur H. Ali Bin Dahlan periode pertama, Labuhan Haji kembali diaktifkan sebagai kawasan pelabuhan barang yang mendatangkan segala bentuk barang kebutuhan logistik yang diperlukan bagi masyarakat Pulau Lombok. Periode kedua kepemimpinan H. Ali Bin Dahlan, lagi-lagi keberadaan pelabuhan ini makin diintensifkan sebagai kota pelabuhan lama yang mencatat sejarah kepelabuhanan yang cukup ramai di era jayanya itu.

Keberadaan pelabuhan yang berhadapan langsung dengan Selat Alas Sumbawa  saat ini tidak saja dimanfaatkan sebagai jalur transportasi laut barang dan dengan segala bentuk aktivitas pelabuhan lainnya, juga dijadikan sebagai lokasi rekreasi massal bagi masyarakat lokal dan masyarakat luar daerah bahkan mancanegara yang ingin menikmati panorama alam laut dan panorama alam daerah pesisir di kawasan ini.

Dalam setiap akhir pekan kawasan ini cukup ramai dikunjungi para wisatawan baik untuk melihat dari dekat tekstur bangunan pelabuhan, ataupun kunjungan wisatawan domestik yang hendak mandi di tepian pantai dengan air yang tenang ataupun warga masyarakat yang ingin menikmati pantai ini dengan cara berselancar menggunakan perahu nelayan yang sengaja disewakan dengan harga terjangkau.

Perpaduan panorama pantai yang eksotik di Labuhan Haji juga dilengkapi dengan banyaknya deretan balai-balai kecil dibawah rerimbunan pohon yang menyejukkan dengan menyajikan ataupun menjual sajian berbagai khas kuliner yang siap disantap para wisatawan. Salah satu yang khas yakni tersedianya berbagai jenis ikan bakar dengan aroma yang mengundang selera dan rugi rasanya untuk diabaikan begitu saja.

 

Baca Juga :


Kecuali itu lokasi ini juga ramai dikunjungi masyarakat yang melakukan ziarah makam yang dinamakan sebagai Makam Anaq Iwoq. Konon makam ini meupakan makan para Wali yang dalam perjalanan sejarahnya diketahui sebagai penyebar agama Islam di di Pulau Lombok khususnya di Lombok Timur.

Panorama indah panta Labuhan Haji disayangkan tidak seiring dengan jumlah kunjungan wisatawan yang semakin banyak mengingat kebersihan pantainya kurang terawat dengan baik. Banyaknya sampak organk an organik yang berserakan di tepi pantai menjadi pemandangan yang kurang menyenangkan bagi kehadiran pengunjung untuk mandi di pantai ini. Kesadaran masyarakat yang masih rendah untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat menjadi catatan warga maupun pengunjung serta Pemerintah Daerah Lombok Timur khususnya Dinas Pariwisata dan Budaya setempat untuk lebih memperhatikan kebersihan pantai ini. Bukankan kebersihan merupakan salah satu bagian dari sapta pesona kesuksesan pariwisata) semoga. (wardi)



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait