logoblog

Cari

Tutup Iklan

Ngemil Sate Tanjung Sambil Mengexplore KLU

Ngemil Sate Tanjung Sambil Mengexplore KLU

Bicara tentang Lombok memang tak ubahnya seperti tengah membicarakan sebuah pizza yang utuh. Semua bagian sama enaknya. Bahkan mungkin bisa bertambah

Wisata Jalan Jalan

Novita Hidayani
Oleh Novita Hidayani
12 Desember, 2017 08:51:52
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 10707 Kali

Bicara tentang Lombok memang tak ubahnya seperti tengah membicarakan sebuah pizza yang utuh. Semua bagian sama enaknya. Bahkan mungkin bisa bertambah lezat pada gigitan kedua atau ketiga, di potongan ketiga, ke empat atau terakhir sekalian. Tergatung toping yang tergigit. Karena itu kemanapun anda pergi, anda akan menemukan kenikmatan tersendiri di pulau ini.

Lombok Utara sendiri adalah Kabupaten hasil program pemekaran daerah beberapa tahun yang lalu. Awalnya Lombok Utara yang sekarang adalah bagian dari Lombok Barat, tapi karena pemerintah merasa bagian Lombok di sebelah utara ini punya potensi yang besar untuk mandiri, maka bapak-bapak berdasi disono memutuskan untuk  melepaskan Lombok Utara menjadi Kabupaten tersendiri. Jadilah KLU (Kabupaten Lombok Utara) seperti sekarang ini.

 

Di KLU, tentu saja ada banyak sekali tempat pariwisata. Tapi kali ini, kita akan menikmati hitamnya pasir di Pantai Tebing dan megahnya Air Terjun Tiu Teja. Jalan menuju TKP sudah sangat mulus jadi anda bisa bebas memilih berpergian menggunakan sepeda motor atau mobil. Yang pasti tidak disarankan untuk menggunakan angkutan umum karena akan sangat merepotkan anda.

Ada dua jalur yang bisa kita gunakan untuk mencapai Pantai Tebing dan Air Terjun Tiu Teja. Yang pertama adalah jalur tanjung dan yang kedua adalah jalur pantai senggigi. Jalur manapun yang anda pilih, mata anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang benar-benar dapat menawan hati anda.

Anda dapat melihat hijaunya hutan dan pegunungan jika anda memilih melewati jalur pusuk. Anda juga bisa melihat banyak sekali monyet-monyet hutan lucu yang masih banyak berkeliaran sepanjang jalan jika anda memilih untuk melewati jalur ini. Ada monyet yang sedang menggendong anaknya, monyet yang sedang mencari kutu temannya, monyet yang sedang pacaran, atau monyet yang hanya ngeceng saja pasti akan membuat anda terpukau. Tapi pastikan, jika anda ingin memberi mereka makan, jangan berikan makanan dengan kemasannya karena kemasannya akan menjadi sampah yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

Nah.. kalau anda memilih melewati jalur pantai senggigi, tentu saja hamparan laut yang maha luas akan menemani perjalanan anda. Anda akan melewati banyak pantai-pantai, pantai malimbu, pantai malaka, pantai nipah, pandanan...  hmm

 

Baca Juga :


Dan sebagai pelengkap perjalanan anda, tak ada salahnya anda mampir untuk membeli sate tanjung, kuliner tradisional asli Lombok dengan ikan segar dan bumbu kuning yang lezzat untuk menemani perjalanan anda menuju ke Pantai Tebing dan Air terjun Tiu Teja.  Wah.. dijamin lima belas tusuk tidak akan pernah terasa cukup di lidah anda. 

Sambil ngemil sate tanjung dan ditemani pemandangan yang menakjubkan selama perjalanan, tak terasa akan membuat anda tiba-tiba sudah sampai di Pantai Tebing. Pantai ini terletak Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Konon katanya pantai ini adalah jejak meletusnya gunung Samalas atau Rinjani pada tahun 1257 seperti yang dikutip kompas.com dalam artikel ”Source of the Great AD 1257 Mystery Eruption Unveiled, Samalas Volcano, Rinjani Volcanic Complex, Indonesia” (Tempo, 17/11/2013).

Intinya, pantai tebing ini akan membuat kita mengingat keanggunan mutiara hitam. Pasirnya yang hitam legam dan lautnya yang membiru membentang dipagari tebing setinggi 10-20 meter. Dari bibir pantai, anda bisa mendengarkan cerita laut atau berkecipak kecipuk dengan airnya. Atau anda juga bisa menikmati pantainya lewat atas tebing yang telah ditumbuhi banyak pepohonan hijau. Tak ada penjual makanan di area pantai, jadi anda disarankan untuk membawa snacks sendiri. Kalaupun merasa lapar karena sudah memasuki waktu makan siang, anda bisa mencari rumah makan di seputaran daerah ini.

Setelah puas melihat birunya laut, saatnya kita capcus ke tempat yang banyak hijau-hijaunya. Well now, welcome to Tiu Teja Waterfall!!!

Wah… saat sampai disini, paru-paru kita terasa dicuci oleh udara yang amat sangat bersih saat dihirup. Jika menggunakan sepeda motor, kita bisa langsung menuju ke tempat perkara. Tapi jika kita datang menggunakan mobil, kita harus sedikit haking untuk menuju ke tempat air terjun Tiu Teja berada. Ayo jalan! Jangan malas ya.. up up up!!! Megahnya air terjun dan lembah hijau yang akan anda temukan akan membayar keringat anda. Percayalah.. percayalah!!! []



 
Novita Hidayani

Novita Hidayani

email: hidayaninovita@gmail.com facebook: Novita Hidayani twitter: @yfoundme

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan