logoblog

Cari

Menikmati Keindahan Pantai Pengantap

Menikmati Keindahan Pantai Pengantap

Suatu hari tepatnya di hari minggu,  saat liburan sekolah beberapa waktu lalu, saya bersama-sama teman kerja ayahku di kantor pergi berekreasi 

Wisata Jalan Jalan

Astari Nadzira Khumaira
Oleh Astari Nadzira Khumaira
18 Juni, 2017 12:01:26
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 28891 Kali

Suatu hari tepatnya di hari minggu,  saat liburan sekolah beberapa waktu lalu, saya bersama-sama teman kerja ayahku di kantor pergi berekreasi  ke suatu pantai yang indah menawan. Dan keadaan pantainya cukup bersih dan jernih. Untuk mencapai pantai tersebut  saya menggunakan kendaraan roda empat. Ditengah perjalanan dari ketinggian kurang lebih seratus meter dari permukaan laut,  saya dapat melihat pantai  yang akan saya tuju  serta pasir putihnya yang terhampar luas.                                                      

            Sekitar 60 menit waktu perjalanan, akhirnya saya sampai di pantai pengantap.Di sepanjang pantai  pengantap dapat saya saksikan  daerah pegunungan  yang menambah sejuknya suasana pantai.

Deru ombaknya yang tenang disertai pantainya  yang sunyi  menumbuhkan rasa kenyamanan. Di tepi-tepian pantainya terdapat rumput laut  yang membentang luas  dari ujung ke ujung. Pantai Pengantap ini terdapat di desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

              Di pantai Pengantap ini, kita juga bisa temukan  makam yang di sebelahnya        ditumbuhan pohon beringin. Dan menurut cerita oleh orang disana makam itu dibangun atas inisiatif dari TG.H.Muhajirin Praya,Lombok Tengah. Konon menurut ceritranya, suatu hari bersama jama’ah nya  pergi berekreasi  ke pantai Pengantap. Di saat beliau berdiri di makam yang dibangun sekarang ini secara tiba-tiba dia pingsan karena kelelahan. Lantas setelah beliau siuman lalu dia berinisiatif untuk membangun makam ini.Makam ini dinamakan makam Amaq  Bangkol dan Makam Inaq Bangkol, mengingat kedua pasangan suami isteri ini tidak mempunyai keturunan. Karena itu makam ini dinamakan makam Amaq Bangkol dan  Inaq Bangkol.   Dalam perjalanan sehari-hari makam ini ternyata banyak dikenal oleh warga sekitarnya. Namun juga  banyak warga-warga yang berada dari luar Sekotong  seperti dari Lombok Tengah.

 

Baca Juga :


Pengunjung juga tak sedikit berasal dari Lombok tengah,  karena memang  letak dari pada makam ini berbatasan dengan Pantai Nambung  yang cukup terkenal itu  dan berbatasan juga dengan wilayah kabupaten Lombok Tengah. Sehari-harinya makam ini juga dimanfaatkan oleh warga yang datang untuk berziarah kubur.

            Selain itu mereka juga banyak  yang datang untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT lewat makam ini atas segala apa yang dihajatkannya. Setelah itu mereka melilitkan sebuah gelas plastik di ranting pohon  beringin yang ada disebelah makam ini dan bernazar/berniat jika suatu saat nanti ada hajatnya yang terkabul  maka dia akan datang lagi untuk membuka ikatan dari pada gelas plastik atau benda apa saja yang bisa dililitkan di ranting pohon beringin ini. (Astari) -03



 
Astari Nadzira Khumaira

Astari Nadzira Khumaira

Nama: Astari Nadzhira Khumaira.Pelajar Kelas VII MTs. N 3 Mataram. Alamat Mavila Rengganis Blok D Bajur, Labuapi Lombok Barat. Motto: Kembangkan Bakat Menulis Sejak Dini.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan