logoblog

Cari

Tutup Iklan

Senja Langit di Atas Menara 99

Senja Langit di Atas Menara 99

Menara masjid adalah salah satu reka bentuk masjid di dunia Islam. Menara masjid biasanya merupakan menara yang tinggi yang mempunyai pembesar

Wisata Jalan Jalan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
10 Juni, 2017 00:31:55
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 3
Dibaca: 5297 Kali

Menara masjid adalah salah satu reka bentuk masjid di dunia Islam. Menara masjid biasanya merupakan menara yang tinggi yang mempunyai pembesar suara untuk azan. Menara masjid boleh jadi merupakan menara berasingan dari bangunan masjid atau cuma tambahan tinggi pada bangunan utama. Namun realita berbicara, terdapat ribuan masjid yang tersebar di berbagai negara. Selain nilai-nilai religi yang dimiliki, banyak diantara masjid-masjid tersebut yang memiliki arsitektur unik dan sangat menakjubkan. Jika kita menziarahi masjid-masjid ini, kita akan terkagum-kagum pada desain dan ornamen-ornamen yang sangat artistik, salah satunya pada menara yang ada di masjid tersebut. Di Pulau Lombok, terdapat ribuan masjid yang indah, yang memiliki desain menara yang unik dan megah. Salah satunya adalah menara yang terdapat pada Masjid Islamic Center NTB, yang disebut menara 99.

 Masjid Hubbul Wathan Islamic Center merupakan salah satu masjid terbesar dan termegah di Nusa Tenggara Barat (NTB). Keberadan masjid itupun sudah ditetapkan sebagai objek Wisata Syariah. Kendati demikian, Pemerintah Provinsi NTB masih membebaskan biaya masuk alias gratis.Kecuali jika ingin menikmati senja langit di atas menara masjid megah ini, pihak pengelelola masjid mengenakan tarif 5.000 rupiah sekali naik ke atas menara.

 Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB ini dilengkapi dengan sebuah Minaret (menara masjid) yang disebut Menara 99. Berdasar dari namanya, menara ini mempunyai ketinggian 99 meter. Selain itu, nama 99 diambil dari 99 nama-nama Allah (Asma’ul Husna).

Menara 99 terdiri atas 13 lantai, tapi hanya ada 4 lantai saja yang bisa dinaiki yaitu lantai 3, 6, 9 dan 13. Ke empat lantai tersebut telah dibuka sebagai objek wisata untuk menikmati pemandangan wajah kota Mataram dari ketinggian 99 meter.

Untuk menikmati wajah kota mataram di atas menara yang megah ini, setiap pengunjung diwajibkan untuk membeli karcis dengan senilai Rp.5000. Menuju ke atas menara, para pengunjung akan dipandu oleh seorang petugas masjid yang akan menikmati senja langit di menara 99.

Menara 99 hanya dibuka sampai pukul 5 sore, mengingat pada waktu menjelang magrib hingga malam kegiatan ibadah harus tetap berjalan dengan baik.

Untuk naik ke atas menara, bukan berarti para pengunjung berjalan ke atas. Menara ini dilengkapi dengan lift, sehingga menuju ke lantai 13 dapat terjangkau dengan cepat. Apalagi kecepatan lift yang ada di menara 99 ini dapat diatur oleh petugas.

Perlu dipahami bahwa lantai 13 merupakan lantai yang paling atas di menara tersebut. Olehnya itu, agar terehindar dari angin yang kencan, lantai ini dibendung dengan menggunakan kaca tebal dan pagar pembatas. Tapi lumayan, para pengunjung dapat melihat pemandangan kota Mataram dari balik kaca dengan bebas, karena juga diibangi dengan pagar pembatas yang lumayan tinggi.

 

Baca Juga :


Ketika pengunjung berada di lantai 9, wajah kota mataram  dapat dinikmati langsung oleh pengunjung tanpa pembatas kaca sehingga terpaan angin kian cukup terasa.

Jika pengunjung beruntung di saat berada di lantai 9, senja di ufuk barat dapat dinikmati. Indahnya senja di langit kota Mataram dapat dinikmati langsung. Apalagi jika dibarengi dengan lantunan suara mengaji di masjid, sungguh syahdu terasa.

Dari atas atau lantai 9, para pengunjung dapat melakukan pengambilan gambar ke berbagai sudut-sudut keindahan. Pemandangan pemandangan senja dan kubah Islamic Center Mataram pun tampak indah dan terkesan religius. Kubah masjid itu tampak memiliki motif Batik Sasambo, yang merupakan motif batik khas NTB.

Itulah gambaran singkat tentang menara 99 di Islamic Center NTB, yang mana ornamen masjid yang berupa menara ini ternyata juga menjadi fasiltas bagi ummat islam untuk menikmati wajah kota mataram di waktu senja. () -03

 



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

3 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    10 Juni, 2017

    Mengintip Wajah Mataram Dari Menara 99


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    10 Juni, 2017

    Mengintip Senja Langit Di atas Menara 99


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    10 Juni, 2017

    Senja Langit Di Atas Kota Mataram


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan