logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jelajah Sembalun Dengan Sepeda

Jelajah Sembalun Dengan Sepeda

Sembalun, dataran tinggi di wilayah Lombok Timur yang menyimpan keindahan alam dibalut dengan keanekaragaman wista petualang (adventure). Berada di ketinggian 1.200

Wisata Jalan Jalan

KM Sembalun Bumbung
Oleh KM Sembalun Bumbung
31 Januari, 2017 18:47:24
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 1
Dibaca: 33076 Kali

Sembalun, dataran tinggi di wilayah Lombok Timur yang menyimpan keindahan alam dibalut dengan keanekaragaman wista petualang (adventure). Berada di ketinggian 1.200 meter (m) di atas permukaan laut (dpl), membuat Sembalun kaya akan daya tarik dan keunikan tersendiri. Bagi pemikat olahraga sepeda, kawasan Sembalun merupakan salah satu kawasan yang strategis bagi para biker.

Sembalun memiliki sejumlah trek yang menantang mulai dari uphill, downhill, offroad, hingga onroad. Setidaknya ada tujuh trek yang cocok bagi keluarga yang sekedar gowes santai sambil berwisata mengelilingi kawasan Desa Sembalun. Pada akhir pekan lalu, saya beserta tim dari kelompok Geowisata Kecamatan Sembalun berkesempatan mengeksplore sejumlah trek di kawasan Sembalun ini.

Trek pertama yang kami jajal adalah trek berupa hamparan kebun strawberry yang indah dan sejuk. Disejumlah titik terlihat beberapa petani tengah asik dengan pekerjaannya. Tidak hanya berkeliling, saya bersama tim Geowisata Kecamatan Sembalun dipersilahkan untuk memetik dan merasakan manisnya buah strawberry langsung dari pohonnya.

Keramah tamahan serta kekeluargaan terasa melekat diantara setiap anggota tim Geowisata dengan petani strawberry. Hal itu telah menjadi tradisi yang terjadi begitu saja antara kami dan para petani pada khususnya. Selanjutnya, sekitar 3 kilometer dari kebun strawberry, terdapat rimbunan pohon bambu yang ingin kami jelajahi. hanya dengan menelusuri jalan beraspal, melewati sungai kering serta berbaur dengan senyum sapa warga sekitar , saya dan tim Geowisata tiba di hutan bambu tersebut. Berdiri diantara pohon-pohon bambu yang menjulang tinggi menutup langit serta hamparan dedaunan kering di bawahnya; membuat saya merasa tengah berada di negeri Jepang pada musim gugur.

Dengan luas ± 2 hektar, area hutan bambu tersebut telah menyediakan keindahan bagi saya dan tim. Namun, tidak hanya dijadikan objek wisata, kawasan hutan bambu tersebut juga merupakan pemasok kebutuhan bambu bagi masyarakat Desa Sembalun. Dalam pengelolaannya masing-masing hutan bambu dikelola oleh perseorangan. Dengan kata lain hutan bambu tersebut bukan milik masyarakat umum, melainkan milik orang-orang tertentu.

Meskipun demikian, kita dibebaskan untuk menikmati atau melaukan kegiatan wisata di daerah tersebut selama tidak merusak atau mengambil bambu milik masyarakat . Selesai mengelilingi hutan bambu kami langsung melanjutkan perjalanan menuju kawasan Rumah Adat Desa Sembalun. Rumah yang bernama rumah adat “DESA BELEQ” ini merupakan Rumah pertama dan tertua di Desa Sembalun. Rumah ini berjumlah 7 buah dengan 7 tangga masuk serta memiliki 2 kamar.

Trek yang kami lalui menuju rumah adat Desa Beleq cukup mulus karena melalui unroad. dalam perjalanan, kami disuguhkan pemandangan alam hijau permai berlatar kegagahan Gunung Rinjani. Ladang-ladang pertanian terhampar apik, ditanami sayur-sayuran hijau. Nuansa pedesaan kental terasa terutama saat saya melihat petani melakukan aktivitas mereka dengan cara tradisional.

 

Baca Juga :


Setelah puas mengelilingi kawasan Rumah Adat Desa Sembalun, saya bersama tim geowisata Kecamatan Sembalun malanjutkan perjalanan menuju trek berikutnya yakni trek Kebun Kopi. Walaupun bermandikan keringat serta nafas yang sudah tak beraturan, kaki kami terus mengayuh sepeda dengan tenaga yang masih tersisa. Keingintahuan membawa kami untuk menjelajahi lebih jauh keunikan Desa Sembalun sambil menikmati pemandangan alam lain yang sudah menunggu untuk dikagumi.

Selain hijau oleh pepohonan vegetasi pegunungan, desa ini juga memiliki kekayaan alam yang tidak bisa diemukan di daerah lain khususnya di Pulau Lombok, salah satunya adalah perkebunan kopi. Umumnya ada dua jenis kopi yang bisa kita jumpai di Desa Sembalun yaitu kopi jenis Arabika (Coffee Arabica ) dan Robusta (Coffee Cannephora).

Tidak banyak masyarakat Desa Sembalun yang menekuni kegiatan menanam kopi. Hanya ada beberapa warga yang menanam kopi untuk memenuhi kebutuhan konsumsi mereka sendiri dan ada pula yang mengembangkannya untuk dipasarkan.

Perkebunan kopi di Desa Sembalun hanya bisa anda temukan di Sajang, salah satu kawasan bagian utara Desa Sembalun yang khusus membudidayakan tanaman jenis kopi, rempah-rempah, serta buah-buahan. Setelah asyik berwisata di Kebun Kopi, sebelum kembali saya dan tim menyempatkan diri untuk merasakan nikmatnya kopi asli Desa Sembalun. [] - 05



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Sembalun Bumbung

    KM Sembalun Bumbung

    02 Februari, 2017

    tetap bayar tapi tentunya tetap ada bonus sekian persen. semuanya bisa kita bicarakan dan pertimbangkan. hehe


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan