logoblog

Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 95322 Kali

Pernah membayangkan berada di planet keypton alias tempat lahirnya si superman? Nah pantai Semeti di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat ini bisa menjawab bayangan anda. Susunan bebatuan yang rapi terbentuk oleh hempasan ombak yang keras selama ratusan tahun membuat sebuah bukit perbukitan pinggir pantai itu aus dan menyisakan bebatuan indah.

Pantai semeti berada di desa Mekar Sari Kecamatan Kuta. Jika anda datang dari arah Mataram, menuju Semeti bisa dengan menyewa sepeda motor atau mobil. Saat artikel ini diketik, kisaran harga untuk sewa motor sekitar 70 – 150 ribu perhari tergantung jenis motornya. Untuk mobil biasanya sudah include driver antara 450 – 550 ribu sehari.

Rute ke pantai semeti dari arah Mataram, bisa melewati 2 jalur. Pertama, arahkan perjalanan menuju BIL, teruslah berkendara sampai ketemu pertigaan sengkol belok ke arah kanan jalan menuju kute. Sesampai di pertigaan sebelum pantai kute, sudaah ada plank jalan yang bertuliskan Mawun. Ya, karena pantai Semeti satu arah dengan Pantai Mawun. Karenanya jika melewati jalan ini bisa menjadi 1 trip perjalanan karena jaraknya tidak begitu jauh.

pantai-semeti-lombokTeruslah menyusuri jalan halus beraspal dan menanjak ke arah barat sampai melewati pantai Mawun. Setelah pantai Mawun, anda akan menemukan pertigaan Pantai Mawi, bisa anda tandai dengan pohon beringin lumayan besar atau Warung Makan di pertigaan itu yang biasa di sebut Cafe Mawi.

Pilihan kedua, bisa melewati Penujak. Dari mataram ambil jalur By pas seperti jalur pertama. Sesampai di perempatan Lingkar Penujak, belok kanan, tandai dengan masjid yang ada pas di perempatan. Jalan menuju Selong Belanak. Teruslah menyusuri jalan beraspal sampai ketemu pertigaan kantor desa mekar sari. Nah sekarang belok kanan dan tidak jauh dari situ kita akan ketemu pertigaan menuju pantai Mawi seperti jalur pertama.

Lanjut perjalanan…

Baca Juga :

pantai-semeti-lombokDari pertigaan ini ambil jalan ke pantai Mawi, jika ragu tanya aja pemilik warung disana. Maka kita akan mulai memasuki jalan setengah beraspal, kemudian jalan tanah dengan kiri kanan terdapat hamparan ladang atau kebun jagung milik warga. Ikuti terus jalan itu, pertigaan yang pertama anda pilih ke arah lurus, pertigaan kedua belok kiri dan tralala…akhirnya ketemu pertigaan yang terakhir. Disitu warga telah kasi plang arah, kanan pantai Mawi dan Ke Kiri Pantai Semeti.

Ke pantai Semeti tinggal ambil jakur kiri dan mentok di ujung Jalan adalah Pantai Semeti yang kita tuju. Jalanan tanah memang tapi tenang aja bisa kok dilalui kendaraan roda empat. Cuman hati2 banyak lubang, kalo hujan berlumpur.

Pantai Semeti agag menjorok ke laut. Dan pemandangannya sama saja seperti pantai lainnya, tapi cobalah anda berjalan ke arah barat dengan mendaki bukit bebatuan di sebelah barat itu. Tingginya sekitar 20 meter karena disitulah keindahan semeti sebenarnya.

Garis pantai sebelah utara dan timur memang di dominasi pasir, tapi di sebelah selatan anda akan menemukan yang kita ceritakan katanya mirip planet krypton di dunia fiksi itu….sebelum kesana, ini dulu liat pemandangannya….keren kan. Travel Writing ini juga saya muat di blog saya Lihat Lombok Dot Com.() -03