logoblog

Cari

Sensasi Ikan Bakar Batu Kijuk, Sekotong

Sensasi Ikan Bakar Batu Kijuk, Sekotong

Nama Sekotong di wilayah selatan Lombok Barat tidak saja terkenal akan keindahan pantainya yang masih natural dengan airnya yang bersih, bening

Wisata Jalan Jalan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
22 Juli, 2016 16:17:28
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 60426 Kali

Nama Sekotong di wilayah selatan Lombok Barat tidak saja terkenal akan keindahan pantainya yang masih natural dengan airnya yang bersih, bening dan membiru. Namun dibalik itu semua tersedia ikan bakar hasil tangkapan para nelayan yang diketahui masih segar dan sangat pas disebut wisata kuliner.

Sepanjang jalan usai melakukan hunting wisata si wilayah yang juga terkenal akan potensi tambang emasnya ini para pedagang ikan bakar banyak berjejer di pinggir jalan di pinggir pantai, jalur penyeberangan menuju tiga obyek wisata terkenal yakni Gili Nanggu, Kedis ataupun Gili Sudak.

Aroma yang keluar dari asap pembakaran ikan di batu Kijuk ini membuat siapa saja, terutama pencinta wisata kuliner akan berhenti untuk menikmati suguhan ikan bakar yang prosesnya disajikan secara alami ini. Sembari menunggu ikan bakar siap disajikan, wisatawan juga disuguhkan pemandangan alam pantai lepas yang berpasir putih bersih bak merica, air pantai yang bersih bening membiru dan aktivitas nelayan yang tengah menangkap ikan atau tengah memberikan pelayanan transfortasi laut bagi para wisatawan yang berkunjung ke tiga gili dimaksud di atas.

Fatimah, salah seorang penjual ikan bakar di Batu Kijuk menuturkan, ikan bakar bakar Batu Kijuk disajikan berbeda disbanding dengan di tempat lain. Di sini, bagi wisatawan yang membeli langsung, akan mendapat tambahan suguhan yang menambah selera makan bertambah. Yakni hamparan pasir putih dan laut biru Sekotong. ”Soal makan kan bukan saja rasa, tapi di mana tempat kita makan,” ujarnya.

Dipadu dengan indahnya alam pantai menjadikan wisatawan selalu betah berada di wilayah Sekotong, karena itu tak mengherankan wisatawan meminta tambahan ikan bakar untuk kembali disantap.

Adapun berbagai jenis ikan bakar yang disuguhkan di Batu Kijuk antara lain, ikan baronang, kakap, kerapu, hingga tengiri. ”Cumi juga ada, tapi tidak banyak. Jadi harus pesan dulu,” tuturnya.

 

Baca Juga :


Sebagaimana diketahui wisata kuliner ikan bakar di Batu Kijuk telah berjalan cukup lama. Hanya saja melihat tidak ada upaya penataan dari pemerintah. Padahal, potensi wisata kuliner ini mampu menarik wisatawan.

Fatimah justru membandingkan ikan bakar yang disuguhkan di Batu Kijuk dengan di Pantai Nipah di Lombok Utara. Meski sama-sama terletak di pinggir pantai, namun lebih banyak pengunjung di Pantai Nipah.

Fatimah diamini rekan-rekannya, menginginkan penataan dan tentu saja promosi, agar lebih banyak orang yang datang ke sini. “Kita ingin agar penataan Batu Kijuk lebih diperhatikan pada masa-masa yang akan dating, agar peningkatan ekonomi masyarakat juga bisa lebih baik,” katanya. (wardi) -01



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan