logoblog

Cari

Bukit Surga 'Kecil' Di Pinggir Dompu

Bukit Surga 'Kecil' Di Pinggir Dompu

Sesuatu yang indah telah diciptakan oleh allah tuhan semesta alam untuk manusia sebagai mahluk pribumi nikmati dalam kehidupannya, baik itu keindahan

Wisata Jalan Jalan

KM, Woja/Saneo
Oleh KM, Woja/Saneo
13 Mei, 2016 18:22:38
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 54042 Kali

Sesuatu yang indah telah diciptakan oleh allah tuhan semesta alam untuk manusia sebagai mahluk pribumi nikmati dalam kehidupannya, baik itu keindahan laut maupun hamparan alamnya. Dompu kini kembali memunculkan keindahan alam yang dimilikinya untuk dinikmati oleh manusia, yaitu Bukit Matompo yang berada di Desa Mbuju Kecamatan Kilo. Bukit Matompo ini merupakan spot wisata terbaru yang terkenal dengan hamparan rumput ilalang yang tumbuh subur diatas bukit yang menjulang tinggi pada bibir pantai Desa Mbuju. Bukit Matompo akhir akhir ini sangat ramai dikunjungi oleh wisatawan Domestik Kabupaten Dompu.

Awalnya, Bukit Matompo hanya bukit biasa yang tidak ada gravitasinya bagi manusia, namun baru baru ini setelah diketahui kalau Bukti Matompo memiliki potensi untuk sektor wisata, Matompo akhirnya dikembangkan oleh se Kelompok pemuda Desa Mbuju Kecamatan Kilo yang tergabung dalam organisasi Kompak Kilo sebagai  spot wisata terbaru di Kabupaten Dompu. Akhirnya hampir setiap Matompo ramai dikunjungi.

Selain dengan suguhan rumput ilalang yang berwarna hijau, Bukit Matompo juga menyuguhkan pemandangan yang tidak ada kata bosan untuk di pandang. Seperti Gunung Tambora yang menjulang kelangit dapat dilihat langsung dari Matompo, ditambah lagi dengan keindahan air laut berwarna biru yang mengelilingi bukit Matompo. Pada bukit Matompo ini juga dapat dinikmati proses pergantian senja ke malam yaitu Subsider.

Bukit Matompo memiliki luas diatasnya kurang lebih dari 8 are, sementara ketinggiannya kira kira mencapai 100 meter. Diatas Bukit Matompo ini tidak terdapat pepohonan yang tumbuh, hanya ada satu pohon yang tumbuh itupun terletak pada ujung bukit yang berdekatan dengan bibir tebing. Untuk dapat menaiki bukit Matompo, telah dipasang Tangga Darurat yang terbuat dari batangan kayu oleh kelompok Kompak, namun pada saat menuju bukit, pengunjung harus ekstra hati hati karena jalannya yang sedikit sangat curam.

Pada Spot wisata Bukit Matompo ini uniknya tidak memberlakukan sistim penarikan retribusi parkir dan lainnya, hanya saja pengelola bukit Matompo mewajibkan pengunjung untuk tidak membuang sampah sembarangan, tidak menginjak rumput agar rumput tidak mati, harus hati hati agar tidak jatuh dan juga mewajibkan pengunjung menyisihkan air mineral untuk menyirami pohon yang telah ditanam supaya ada tempat berteduh bagi pengunjung sendiri.

 

Baca Juga :


Untuk menuju lokasi ini, pengunjung diharuskan datang pada sore hari, kalau pada siang hari, Bukit Matompo sangat gersang dan panas. Jarak tempuh dari Pusat Kota Dompu menuju bukit Matompo hanya memakan waktu sekitar 2 jamman saja, soal akses jalan tidak perlu dikhawatirkan karena jalan sangat bagus dan nyaman untuk dilalui.

Salam dari Kampung !!!!. () -03



 
KM, Woja/Saneo

KM, Woja/Saneo

sapedampoka@gmail.com/ Nama : Faruk Alamat : Desa Saneo PEkerjaan : Pelajar/Mahasiswa hp : 085934263461. Rekomendasi KM, Bali 1 Dompu Hidup adalah pilihan, maka pilihlah hidup mu sebelum pilihan menentukan hidup mu.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan