logoblog

Cari

Tutup Iklan

Berwisata ke Pengusaha Jamur

Berwisata ke Pengusaha Jamur

Andi Hertanto, demikian nama seorang pemuda yang dilahirkan di Jakarta pada tanggal 18 Oktober 1978 dari pasangan Pengantin baru yang bernama

Wisata Jalan Jalan

KM Kaula
Oleh KM Kaula
11 Mei, 2016 04:46:17
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 0
Dibaca: 15197 Kali

Andi Hertanto, demikian nama seorang pemuda yang dilahirkan di Jakarta pada tanggal 18 Oktober 1978 dari pasangan Pengantin baru yang bernama Harsanto asal Jawa dan Sofiah Asli Betawi Jakarta. Andhi Hertanto yang disapa akrab dengan panggilan Andhi tumbuh besar dan berkembang sebagai orang kebanyakan. Ia disekolahkan bersama anak-anak lainnya di TK Tangerang dilanjutkan ke SD, SMP sampai STM di daerah yang sama di Tangerang.

Setelah tamat SMP, Andhi tidak bisa dikuliahkan. Akhirnya pada tahun 2002 oleh orang tuanya yang laki-laki, Andhi diajak merantau mengadu nasib ke Lombok Nusa Tenggara Barat. Sesampai di Lombok, setelah melihat dan mencari pekerjaan atau jenis usaha yang bisa dikembangkan, Andhi bersama Bapaknya Harsanto mencoba membuka usaha Tempe. Mula-mula usaha ini cukup lancar, tapi seiring dengan semakin menipisnya modal lantaran belum dipisah antara modal dan biaya hidup sehari-hari di tanah rantau, maka usaha ini terus berkurang sampai akhirnya rugi total alias bangkrut.

Terinspirasi dari sebuah acara TV yang ditayang di TVRI Nasional waktu itu, kenangnya. Andhi ingin mencoba rubah haluan dengan mengembangkan Jamur, lantaran melihat bahan baku yang melimpah sementara peluang pasar sangat terbuka, tapi karena ia tidak memiliki skill di bidang itu, maka Andhi berusaha mencari tau dimana orang yang bisa menjadi tempat ia belajar tentang jamur. Setelah berusaha mencari informasi, akhirnya ia tau bahwa di Bali ada orang yang sudah sukses mengembangkan Jamur. Didorong oleh animo yang cukup tinggi untuk belajar ilmu tentang jamur,  maka Andhipun berusaha mencari modal untuk bisa berangkat ke Bali guna belajar cara mengembangkan jamur.

Setelah beberapa lama melakoni usaha jamur dengan segala lika-likunya termasuk untung rugi dan lain sebagainya, Akhirnya Andi Hertanto harus menghentikan usahanya  lantaran tempat dia biasa membeli bibit di Bali ternyata pindah entah kemana. Akhirnya Andi kembali harus mencari ilmu tentang bagaimana mebuat bibit jamur. Lagi-lagi karena kesungguhan, Andhipun berhasil mendapatkan ilmu cara membuat bibit dan tanpa membuang waktu, ia langsung mencoba membuat bibit jamur  dan hasilnya sangat memuaskan.

Puas dengan hasil pembikinan bibit, Andi pun memulai usahanya yang kali ini tidak CumA FOKUS  di memproduksi jamur tamu juga bagaimana membuat bibit jamur. Begitu juga dengan jamur sendiri, andi tidak Cuma menjual jamur begitu saja tapi andi juga mencoba membuat kripik jamur, jamur goreng tepung dan lain sebagainya. Hal tersebut telah membuat usaha jamur andhi terus berkembang dengan pesat.

 

Baca Juga :


 Berbagai orderan datang dari mana mana mulai dari orang yang pesan bibit jamur, jamur siap masak, bibit jamur dan lain sebagainya. Orderan tidak Cuma datang dari warga sekitar saja tapi juga sampai keluar daerah seperti Sumbawa, Dompu, Bima, Sulawesi, Papua dan daerah-daerah lainnya. Sehingga dengan demikian omset yang dimiliki Andi tpun terus bertambah dari tahun ke tahun, bahkan hingga saat ini omsetnya sudah mencapai ratusan juta. Begitu juga dengan tenaga yang mampu di serap sudah mencapai puluhan orang.

Yang jelas, kini Andhi sudah menjadi orang sukses. Omsetnya sudah mencapai ratusan juta dan penghasilannya ternyata tidak Cuma datang dari hasil jamur dengan segala jenisnya, mulai dari jual bibit, jual bag log yang siap tumbuh, jual jamur siap masak, jual jamur goreng tepung, jual kerupuk jamur dan lain sebagainya tapi juga datang dari insentif dan transport dia yang sering dipakai menjadi nara sumber dalam pelatihan kewirausahaan yang kadang dari kementrian koperasi kadang dari perbankan dan dari berbagai pihak lainnya, yang sudah tentu dengan nominal yang tidak sedikit. () -03



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan