logoblog

Cari

Tutup Iklan

Potensi Wisata Lombok Mengalahkan Bali

Potensi Wisata Lombok Mengalahkan Bali

Tadi siang saat saya duduk santai menikmati secangkir kopi di salah satu warung yang ada di pertigaan Kokok Putik datanglah dua

Wisata Jalan Jalan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
31 Mei, 2014 18:54:11
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 12
Dibaca: 32324 Kali

Tadi siang saat saya duduk santai menikmati secangkir kopi di salah satu warung yang ada di pertigaan Kokok Putik datanglah dua orang asing yang juga hendak beristirahat dan minum kopi di warung tersebut. Mereka berdua kemudian duduk di sebelah saya. Sambil menunggu suguhan kopi yang akan dihidangkan oleh si pemilik warung, kedua orang asing itu mencoba menjalin komunikasi dengan saya. Supaya lebih akrab, ahirnya kami-pun berkenalan. Mereka berdua adalah Anto yang mengaku sebagai seorang pemandu wisata/guide dari Jakarta dan temannya berlama Lily yang mengaku berasal dari Australia. Sambil menikmati kopi, saya dan Anto terus berkomunikasi dan bertukar cerita tentang potensi wisata di Pulau Lombok yang kita cintai ini.

Pulau Lombok dengan keindahan alam dan keunikan budaya masyarakat tradisonal-nya member nuansa wisata yang sangat popular di kalangan wisatawan manca Negara. Menurt penilaian saya potensi wisata yang dimiliki oleh pulau Lombok sudah mengalahkan wisata di pulau Bali. Demikian pengakuan laki-laki setengah baya itu kepada saya.

Saya mengatakan hal ini sebab tiga tahun terahir ini saya sudah membawa puluhan wisatawan asing untuk berwisata di sekitar pulau Lombok. Setiap wisatawan yang saya bawa itu mengakui betapa indah dan uniknya pulau Lombok dan mereka berpendapat bahwa berwisata di Lombok sangat menyenangkan sebab tempat-tempat wisata Lombok lebih menakjubkan dari tempat-tempat wisata di pulau Bali, pungkas Anto sambil menikmati Wait Kopi yang terhidang di depannya.

Saya semakin bahagia setelah mendengar pengakuan dari Lily. Ia berkata ”Love Lombok Island, I Want Stay For Long Time in Lombok and I’am suer, Lombok is the beautiful Island”, demikianlah apresiasi yang diungkapkan oleh perempuan kelahiran Australia itu sambil mengcungkan jempol tangan kanannya.

Hampir satu jam lama-nya kami bertukar informasi mengenai wisata yang ada di pulau Lombok. Banyak informasi menarik yang saya dapatkan dari Anto terkait dengan perkembangan wisata di pulau Lombok. Sungguh pulau Lombok memang pulau yang sangat kaya akan asset wisata alam, asset wisata budaya, serta asset wisata religi. Hal inilah yang menyebabkan orang-orang asing terobsesi untuk berwisata ke pulau Lombok.

Menurut penilaian Anto, kemajuan wisata di Pulu Lombok sangat dipengaruhi oleh keberadaan Bandara Internasional Lombok (BIL) dan keunikan budaya tradisional masyarakat Lombok yang hingga saat ini tetap dijaga dan dilestarikan. Ia juga menilai bahwa kalahnya pamor wisata di Pulau Bali disebabkan oleh hilangnya budaya local masyarakat setempat. Wisatawan asing sudah bosan dengan pemandangan yang megah dan modern, mereka lebih tertarik untuk berkunjung ke tempat-tempat wisata yang masih alami dan tradisional sebagaimana yang terdapat di berbagai wilayah pulau Lombok. Selain itu banyak pula wisatawan asing yang berpendapat bahwa di pulau Lombok mereka dapat melihat kebudayaan-kebudayaan Bali dan di Bali sendiri mereka tidak dapat menemukan keunikan busaya Lombok.

Setelah sekita satu jam kami duduk-duduk sambil menikmati hidangan kopi, Anto dan Lily melanjutkan perjalanan. Katanya mereka akan melanjutkan perjalanan ke Pusuk Sembalun kemudian menuju Labuhan Haji dan akan menginap di Tanjung Ringgit. Sebelum berpisah, Lily mengatakan dengan ajungan jempol-nya “I Love Lombok Islan Because Lombok Islan Very Nice and Comfortable”.

 

Baca Juga :


Informasi yang diberikan oleh Anto tentang apresiasi wisatawan asing terhadap asset wisata Lombok sangat penting untuk dijadikan sebagai acaun bagi kita selaku warga Lombok dan lebih-lebih bagi pihak-pihak terkait (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan) supaya kedepannya asset-asset wisata yang ada di tanah tercinta ini dikelola dengan sebaik mungkin dengan menjaga dan melestarikan budaya local serta meningkatkan pelayanan wisata dengan memberdayakan semua asset wisata yang ada.

Perkembangan wisata Lombok juga tidak terlepas dari keberanian Gubernur NTB  (Tuan Guru Bajang) untuk mencanangkan berbagai program pengembangan wisata NTB, termasuk dengan program pengenalan asset wisata NTB dengan program Visit Lombok-Sumbawa, Percepatan pembangunan BIL, dan yang tidak kalah pentingnya adalah dengan dibuatnya Kanal Wisata pada Halaman Kampung Media, dan berbagai program lainnya.

Pengenalan Wisata Kampung pada Halaman Kampung Media juga memiliki andil yang besar untuk memunculkan berbagai asset wisata yang belum diketahui oleh halayak ramai. Saya optimis bahawa promosi wisata yang dilakukan melalui halaman Kampung Media akan membuat Lombok semakin kaya akan asset wisata dan kedpannya Lombok akan menjdi tujuan wisata yang popular bagi kalangan internasional.

Untuk itu kami memberikan support kepada masyarakat Kampung Media supaya memberikan informasi wisata yang terdapat di sekitar kampung masing-masing sebab dengan demikian insyallah Wisata Lombok akan semakin jaya. Mari kita jaga dan lestarikan budaya local dan asset-aset wisata yang ada di sekitar kita.

_Asri ASA_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

12 KOMENTAR

  1. KM. Gempar

    KM. Gempar

    09 Juni, 2014

    tempat-tempat wisata di pulau lombok memang banyak menarik perhatian wisatawan asing, untuk itu, peran aktif dari masyarakat harus diutamakan. jangan sampai wisatawan-wisatawan yang datang berkunjung membawa buah tangan yang negative. maju terus buat wisata pulau lombok.


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      03 April, 2015

      iay pak,,, promosi wisata Pulau Lombok adalah tugas kita semua, terutama yang tergabung sebagai Warga Kampung Media... dan yang paling penting adalah kita semua harus menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan lingkungan wisata kita supaya para pengunjung merasa nyaman, puasa dan tidak pulang dengan kekecewaan.


    2. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      03 April, 2015

      Betul sekali, perketat aturan itu dan jangan sampe saudara kecolongan sebab sekarang ini banyak sekali cara wisatawan membawa barang2 haram itu "Say No To Druk",,, heheheee


    3. KM Kaula

      KM Kaula

      10 Juni, 2014

      kita punya aturan Bung! salah satunya kepada wisatawan yang datang mereka tidak boleh bawa minuman keras, dadah, ganja, heroin, sabu-sabu dan sejenisnya, salah duanya mereka harus pakai sarung untuk menutupi.........


  2. KM. Lingsar

    KM. Lingsar

    01 Juni, 2014

    saya sendiri pun tak henti-hentinya terkagum-kagum akan keindahan alam yang ada di pulau lombok padahal hanya sebagian yang saya ketahui dan masih banyak yang belum terekspos......


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      03 April, 2015

      Bukan hanya bapak yang tiada henti terkagum-kagum terhadap keindahan alam lombok, kami dan mereka juga memiliki kekaguman yang tiada tara terhadap keindahan dan pesona alam tanah Sasak Adi yang sama-sama kita cintai ini.


    2. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      03 April, 2015

      Betul banget kawan Habib...


    3. KM Kaula

      KM Kaula

      10 Juni, 2014

      itulah peran kita bung selaku personil kampung media. kita berselancar lewat dunia maya aja dulu sebelum bisa di dunia nyata.


  3. KM. Abiantubuh

    KM. Abiantubuh

    01 Juni, 2014

    Warga Kampung Media harus berperan aktif mendorong promosi pariwisata lewat dunia IT. kehadiran tamu ke NTB membawa dampak berantai teradap proses penyejateraan masyarakat


    1. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      03 April, 2015

      Apa yang saudara katakan sangatlah tepat, kita semua (Warga Kampung Media) harus memperomosikan wisata yang ada di sekitar kita... Heheee contohnya KM. Kaula,,, dengan promosi yang dilakukan melalui Kampung Media, sekarang Emas-Emas ramai dikunjungi wisatwan asing.


    2. KM Kaula

      KM Kaula

      10 Juni, 2014

      tunjukkan bung! dengan cara berselancar di kampungmedia teman-teman lain. lalu komentari biar itu menjadi auto kritik kita bersama.


    3. KM. Sukamulia

      KM. Sukamulia

      03 Juni, 2014

      Mantab sanak, semoga wisata Lombok semakin maju dan Kampung Media emakin Jaya


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan