logoblog

Cari

Bendungan Kalimantong Objek Wisata Lokal di Brang Ene

Bendungan Kalimantong Objek Wisata Lokal di Brang Ene

KM Komedik - Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan. Mengingat Kabupaten ini merupakan salah satu tujuan wisata yang

Wisata Jalan Jalan

KM. Brang Ene
Oleh KM. Brang Ene
20 April, 2014 10:39:27
Wisata Jalan Jalan
Komentar: 2
Dibaca: 47226 Kali

KM Komedik - Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan. Mengingat kabupaten ini merupakan salah satu tujuan wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Wisata pantai merupakan wisata yang umum dikunjungi oleh wisatawan karena ombak yang dimiliki oleh pantai-pantai yang ada di daerah ini memiliki ciri khas tersendiri, seperti wisata lokal yang setiap hari libur selalu dikunjungi warga seperti, Bendungan Kalimantong I yang terletak di Desa Mujahidin, Kecamatan Brang Ene selalu ramai pengunjung yang berlibur di sekitar bendungan yang kelihatan asri dan sejuk dipandang mata itu. Selain itu, juga suasana bendungan yang begitu damai.

Selain warga Brang Ene pada umunya yang datang berlibur kesana ada banyak juga terlihat warga dari Kecamatan Taliwang yang ikut berlibur disana, Di bendungan juga kita bisa terjun dari ketinggian 30 meter yang bisa membuat adrenalin kita diuji di sana. Selain kita bisa mandi di sana juga kita bisa memancing ikan di sekitar area bendungan. Bukan itu saja selain olah raga ekstrim di sana juga kita bisa bermain bola karena juga dilengkapi lapangan bola yang begitu memadai

Sartika (23), warga Desa Kalimantong menyayangkan pemandian ini kurang dikelola dengan baik, seperti tidak adanya kamar mengganti pakaian, toilet sekaligus air untuk membilas tubuh. Padahal bila hari minggu dan libur sekolah, banyak wisatawan lokal yang datang, baik untuk bersantai maupun menyelenggarakan acara keluarga dan remaja. Ulang tahun misalnya, "Kita berharap agar pemerintah setempat bisa menata-kelola dengan baik, apalagi ada orang yang berjualan di sini maka lebih mantap lagi kita berlibur," ujar Sartika.

 

Baca Juga :


Harapan Sartika senada dengan yang disampaikan Jeken dan Grop Kaliber. Pemuda Kaliber ini kerap datang ke Bendung Kalimantong walau hanya sekedar bersantai dan bersendagurau bersama teman-teman. Bendungan Kalimantong Merupakan Bendungan air yang mengalir dari Desa Mataiyang. Bendungan ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat Sumbawa Barat terutama desa-desa yang menjadi aliran bendungan tersebut.

Selain menjadi sumber kehidupan, bendungan ini menjadi wisata pemandian yang menyegarkan. Airnya sangat jernih dan tidak terlalu dalam. Sehingga cocok untuk semua umur. Terutama bagi orang tua yang membawa anak kecil. Selain untuk rekreasi juga sebagai tempat edukasi. Dalam hal ini edukasi renang. Mencintai alam dan menjaga lingkungan.

Bendung Kalimantong merupakan objek wisata yang memiliki banyak potensi. Hal ini patut dikembangkan. Jangan sampai disia-siakan. Tidak hanya sebagai penunjang bagi pertanian namun juga wisata alternative bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat pada umumnya.(hesso komedik/03)



 

Artikel Terkait

2 KOMENTAR

  1. KM. Brang Ene

    KM. Brang Ene

    25 Agustus, 2014

    kita berencana ajuhkan bendungan ini di jadikan bumi perkemahan di ksb


  • KM. Taliwang

    KM. Taliwang

    28 April, 2014

    nah ini tugasnya KM Brang Ene menyampaikan ide baiknya kepada pemerintah setempat agar Bendungan Kalimantong menjadi objek wisata yang menarik bagi wisatawan.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan